Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menerima pegiat bisnis sosial, kewirausahaan sosial dan industri "start up" yang memberikan implikasi tinggi terhadap masyarakat, kata Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Rudiantara menyebutkan termasuk para pelaku bisnis yang memberikan implikasi tinggi terhadap masyarakat adalah "Gojek" yang membuat ribuan orang memperoleh pekerjaan dengan usaha yang berkelanjutan.

Juga hadir dalam pertemuan ini adalah pemilik belanja "online" Tokopedia dan Traveloka. Meeka berbicara dengan Presiden membaha bisnis sosial yang belum diatur oleh pemerintah.

"Banyak masukan, masalah akses, regulasi, logistik," ungkap Rudiantara.

Menurut dia, pelaku bisnis sosial saat ini mengaku kesulitan logistik di mana penjualan ke luar negeri lebih mudah dibanding menjual di dalam negeri.

Untuk itu, setelah pertemuan dengan Presiden, mereka bersepakat untuk membentuk forum pelaku bisnis sosial guna memperbaiki ekosistem bisnis online di mana pemerintah akan menyiapkan peta jaln, termasuk logistik, logistik dan pendanaan.

"Diprediksi e-commerce pada 2020 akan mencapai 320 miliar dolar AS, maka kita harus perbaiki ekosistemnya," kata Rudiantara.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015