Saya mengusulkan rekonsiliasi dengan penggabungan kepengurusan dan ini saya dengar sudah disetujui (kedua pihak). Pengurusnya pak Agung Laksono dan pak Aburizal Bakrie bisa digabung, menjadi 1000 orang pengurus,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Mahkamah Partai Golkar hasil Munas Riau 2009 Muladi mengajukan opsi penggabungan kepengurusan Partai Golkar, untuk mempersatukan dualisme kepemimpinan di partai beringin.

"Saya mengusulkan rekonsiliasi dengan penggabungan kepengurusan dan ini saya dengar sudah disetujui (kedua pihak). Pengurusnya pak Agung Laksono dan pak Aburizal Bakrie bisa digabung, menjadi 1000 orang pengurus," kata Muladi seusai berdialog dengan kader muda Golkar dari kedua kubu, di Jakarta, Selasa sore.

Muladi mengatakan kepengurusan gabungan itu dapat dilandasi atas kepengurusan Munas Riau 2009, di mana Ketua Umum Golkar adalah Aburizal Bakrie. Nantinya Aburizal mengakomodasi Agung Laksono sebagai wakil ketua Umum Golkar sekaligus ketua harian Golkar.

Menurut dia, dengan jalan penggabungan kepengurusan itu, maka selanjutnya bisa diambil sikap untuk menentukan pelaksanaan Musyawarah Nasional Golkar berikutnya secara bersama-sama.

"Munas Golkar bukan sesuatu yang mustahil, tapi hendaknya dibicarakan setelah masa transisi dan setelah dibentuknya kepengurusan gabungan tadi, untuk meminimalisiasi konflik lanjutan," ujar Muladi.

Dia meyakini kepengurusan gabungan Partai Golkar sangat mungkin diwujudkan saat ini jika disertai kesadaran soliditas dari kedua kubu.

Kader muda Golkar dari kubu Aburizal Bakrie, Ahmad Doli Kurnia menilai segala opsi penyatuan Golkar memang harus dibuka untuk menyelesaikan konflik dengan segera.

Doli mengatakan kader muda dari kedua kubu memiliki pemikiran yang sama untuk menyatukan partai beringin.

"Tugas kami kader muda adalah mengagregasi kesadaran (tokoh senior Golkar) untuk bersama-sama menyelesaikan ini," jelas Doli.


Jelasnya rumusan

Sementara politisi muda Golkar kubu Agung Laksono, Lamhot Sinaga meminta kepengurusan gabungan Golkar harus dirumuskan secara jelas sejak awal, agar tidak memunculkan konflik baru.

"Kita sepakat konflik harus berakhir. Kepengurusan gabungan harus kita rumuskan agar tidak memunculkan konflik baru," jelas Lamhot.

Kader muda Golkar lainnya Andi Sinulingga mengatakan pihaknya akan terus melakukan pertemuan dengan tokoh senior partai beringin, demi mempersatukan Golkar.

Rencanananya, pada pekan ini kader muda Golkar akan bertemu Ginanjar Kartasasmita dan Akbar Tandjung.

Sejauh ini Mahkamah Agung telah memerintahkan Menteri Hukum dan HAM mencabut surat keputusan kepengurusan Golkar hasil Munas Jakarta yang dipimpin Agung Laksono.

Namun MA tidak memutuskan kepengurusan Golkar mana yang sah pasca pencabutan itu. Menurut Muladi putusan MA masih menimbulkan multitafsir.

(I028/A011)

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015