Jakarta (ANTARA News) - Dua perusahaan asuransi bagian dari FIFGroup, PT Astra Aviva Life (Astra Life) dan PT Astra Multi Finance (AMF), bekerja sama meluncurkan produk asuransi mikro Sinatra PerisaiKu untuk perlindungan jiwa akibat kecelakaan dan Sinatra ProteksiKu untuk perlindungan jiwa dan santuan biaya rumah sakit karena kecelakaan.

Sesuai dengan karakteristik jenis asuransi mikro, kedua produk baru hasil kerja sama antara Astra Life dan AMF ini diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia dengan harga terjangkau dan proses yang sangat mudah dimana nantinya akan tersedia di seluruh cabang AMF yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sinatra ProteksiKu dan Sinatra PerisaiKu ini memiliki fitur dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehari-hari, dengan proses  administrasi produk yang mudah, serta proses pembayaran klaim yang cepat, kata FIFGroup dalam siaran persnya, Jumat.

"Komitmen Astra Life untuk memasuki bisnis asuransi mikro adalah perwujudan nyata dari visi dan misi perusahaan serta semangat kami untuk membangun Indonesia yang lebih baik.  Hal ini selaras dengan filosofi Astra untuk sejahtera bersama bangsa.” jelas Auddie A. Wiranata, Wakil Presiden Direktur Astra Life.

Berdasarkan data laporan Bappenas tahun 2011, jumlah Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Indonesia mencapai 94.000 unit yang menempatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah lembaga keuangan mikro terbesar di dunia.

Namun sayangnya, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia baru sebesar 21,8%, dengan tingkat inklusi 59,7%. Adapun indeks literasi masyarakat golongan C,D, dan E (masyarakat berpenghasilan rendah/low income) sebesar 18,71%.

Terkait dengan kondisi tersebut, Philip C. Willcock, Presiden Direktur Astra Life menyatakan,“Dengan diluncurkannya kedua produk asuransi mikro ini yang ditunjang dengan sistem yang dibangun secara serius, kami ingin turut mendukung harapan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menciptakan pertumbuhan jumlah nasabah asuransi mikro di tahun 2015 sebesar minimal 5%."

Dengan cabang yang tersebar di Indonesia AMF memiliki total asset lebih dari 650 milyar dan mengelola lebih dari satu juta database pelanggan. AMF memiliki potensial konsumen sebesar 700 ribu orang dimana lebih dari 300 ribu di antaranya adalah pelanggan aktif.

Presiden Direktur AMF Darwan Tirtayasa menyatakan,“Kami bangga menjadi mitra bagi Astra Life dan yakin bahwa kerjasama ini akan memberikan nilai tambah bagi nasabah kredit AMF. Manfaat dari kedua produk ini menjawab kebutuhan akan perlindungan dari risiko yang dihadapi oleh nasabah AMF sehari-hari.”

“Kami berharap dengan adanya produk asuransi mikro ini FIFGROUP bisa menjadi solusi pembiayaan yang benar-benar membantu masyarakat,” kata CEO FIFGroup Suhartono menambahkan.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015