Jakarta (ANTARA News) -  Komisi II DPR RI meminta Kemenkes membantu obat-obatan, oksigen, masker dari Kementerian Kesehatan kepada puskesmas Basarang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Tengah.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edy dalam rilis kepada ANTARA News, saat meninjau korban ISPA akibat kabut asap di Basarang, Kapuas Hulu, Kalimantan Tengah.

"Kami menyayangkan, tak ada bantuan untuk Puskesmas di Basarang ini. Padahal Puskesmas di Basarang hanya satu dan banyak korban ISPA," kata Lukman Edy.

Selain meninjau kelengkapan peralatan medis di Puskesmas Basarang, Komisi II DPR RI juga melakukan kunjungan ke lokasi kebakaran hutan di Kecamatan Basarang.

"13 desa dari 14 desa di Kecamatan Basarang terbakar. Luas hutan yang terbakar mencapai 1.300 hektar (8% dari luas wilayah). Sementara alat pemadam jenis pompa tosa hanya ada satu unit di Basarang," ujar dia.

Dalam kunjungan spesifik itu, turut hadir Ketua Komisi II DPR RI, Rambe Kamarul Zaman, Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Riza Patria (Gerindra), Lukman Edy (PKB) dan sejumlah anggota DPR RI seperti Arteria Dahlan (PDIP), Sukirman (PAN) dan Agati Sulie Mahyudin.

Saat peninjauan lokasi kebakaran, Komisi II DPR RI sempat berbincang-bincang dengan anggota TNI yang berjaga-jaga di sekitar lokasi kebakaran. Juga, Komisi II DPR RI meninjau embung yang dibuat untuk mengalirkan air.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015