Jakarta (ANTARA News) - Ketua Steering Comittee (SC) Piala Presiden 2015, Maruarar Sirait mengatakan, Piala Presiden merupakan wujud gotong royong dari berbagai unsur pemilik klub, manajer klub, wasit, pemain dan masyarakat sehingga berjalan dengan sukses dan membanggakan.

"Turnamen sepak bola ini mendapat pujian dari banyak kalangan. Bahkan pujian datang langsung dari Presiden Joko Widodo," kata Maruarar saat dihubungi pers di Jakarta, Selasa.

Maruarar menegaskan, sukses Piala Presiden 2015  bukan karena andil satu atau dua orang, tetapi merupakan wujud nyata dari gotong royong, yang merupakan ‎ intisari dari Pancasila.

"Tidak ada superman. Yang ada adalah super tim. Ini merupakan kerja tim yang saling bahu membahu dan bekerjasama," katanya.

Menurutnya, dengan kerja semua pihak, maka tujuan dari Piala Presiden sebagaimana amanah dari Presiden Joko Widodo tercapai. Amanah itu, pertama, adalah agar permainan berlangsung fair, dengan wasit yang tegas dan adil, serta tanpa pengaturan skor.

Kedua, ‎pertandingan digelar secara terbuka dan transparan, dan ini juga dilakukan serius dengan melibatkan lembaga auditor terpercaya, "Price Waterhouse Coopers (PWC)". Ketiga, pertandingan digelar untuk melahirkan pretasi olahraga yang semakin baik dan berkualitas.

Kempat, pertandingan digelar untuk menjadi hiburan rakyat, dan ini terbukti dengan antusiasme publik secara langsung di lapangan maupun rating televisi yang meningkat tajam. Kelima, menjadikan pertandingan sebagai media untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan, dan ini berhasil dengan respons para pedagang dan UMKM saat pertandingan berlangsung.

Maruarar mengucapkan terimakasih kepada Panglima TNI Gatot Nurmatyo, Pangdam Jaya dan Pangdam Siliwangi. Dia juga mengucapkan‎ terima kasih kepada Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar. Dengan dukungan TNI dan Polri setiap pertandingan berjalan dengan aman lancar dan tertib.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Walikota Bandung Ridwan Kamil, pengusaha Erick Tohir, pihak Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), La Nyalla Mattalitti dan Nirwan Bakrie, serta para pecinta olahraga sepakbola secara umum.

Maruarar juga mengucapkan terimakasih kepada para manajer klub, semua pemain, serta para pendukung klub. Dia mengucapkan terimakasih kepada Bobotoh, The Jakmania, pendukung Sriwijaya FC, serta para pendukung semua klub yang bersikap sportif dan berjiwa besar.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015