Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR Setya Novanto mengapresiasi cara   pemerintah menangani bencana kabut asap dengan menempuh berbagai terobosan.

"Kami memberi apresiasi tinggi terkait terobosan yang sudah dilakukan seperti kunjungan ke berbagai tempat," kata dia di Gedung Nusantara III, Jakarta, Jumat, usai bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek guna membahas penanganan kabut asap di beberapa daerah di Indonesia.

Usai pertemuan yang juga dihadiri pimpinan Komisi I, II, III, IV, dan VII DPR untuk bertukar pikiran mengenai penanganan kabut asap, Setya menilai pemaparan Luhut sangat lugas dan jelas.

"Kami harapkan tidak ada korban jiwa lagi. Kami usulkan adanya tim pengawas dan koordinator bencana," ujarnya.

Luhut sendiri mengatakan penanganan-penanganan terpadu sudah dilakukan pemerintah dan secara terintegrasi telah melakukan penanggulangan bencana asap, namun mengakui pemerintah kesulitan dalam menangani kebakaran lahan gambut.

"Paling tidak kami sudah berhasil mengurangi titik api di berbagai daerah. Jarak pandang kadang bagus namun terkadang jelek tapi cenderung membaik," kata Luhut.

Luhut mengatakan, dia telah menjelaskan kepada DPR bahwa pemerintah memahami masalah yang terjadi dan menanganinya secara bertahap.

"Kami laporkan pada Pimpinan DPR bahwa pemerintah memahami betul masalahnya dan mengambil langkah secara bertahap," ujar dia.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015