Keduanya masih menjalani perawatan akibat insiden jatuhnya crane, jika sudah dinyatakan sehat akan dipulangkan
Padang (ANTARA News) - Dua haji Debarkasi Padang, Sumatera Barat (Sumbar) atas nama Tri Murti Ali dan Naumar Sudin bin Sudin masih berada di Mekkah karena menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi.

"Keduanya masih menjalani perawatan akibat insiden jatuhnya crane, jika sudah dinyatakan sehat akan dipulangkan," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang Damri Tanjung di Padang, Kamis.

Ia menyebutkan Tri Murti Ali berusia 65 tahun berasal dari Kabupaten Solok tergabung dalam kloter III, sedangkan Naumar Sudin bin Sudin berasal dari Kabupaten Padangpariaman tergabung dalam kloter VIII.

Kepulangan dua haji tersebut akan dititipkan melalui kloter lain dan akan diantar hingga ke alamat karena merupakan tanggung jawab negara, kata dia.

Menurutnya jika sampai kepulangan kloter terakhir kondisi yang bersangkutan belum pulih maka akan dipulangkan secara khusus oleh negara.

"Keluarga tidak perlu khawatir, di Arab Saudi sudah ada PPIH Indonesia Arab Saudi yang mendampingi dan jika semua kloter telah pulang tetap akan ada yang menemani," ujarnya.

Untuk biaya pengobatan selama dirawat Damri memastikan semuanya ditanggung penuh oleh negara.

Terkait ada keinginan keluarga untuk membesuk ke Arab Saudi ia menyarankan sebaiknya serahkan saja kepada negara karena teknis serta prosedur ke sana cukup sulit.

"Tidak sama dengan membesuk orang sakit di Padang, semua akan ditangani dengan baik jadi tidak usah khawatir," ujarnya.

Sebelumnya , sebanyak 4.992 haji Debarkasi Padang terdiri atas 11 kloter telah tiba di Padang melalui Bandara Internasional Minangkabau.

"Kloter XI yang merupakan rombongan terakhir telah mendarat di Padang pada 14 Oktober 2015," kata dia.

Total haji Debarkasi Padang yang berangkat pada 2015 berjumlah 4.997 orang dan sebanyak 3 orang meninggal dunia serta dua lagi masih dirawat di Tanah Suci.

Sementara Ketua Komisi V DPRD Sumbar Bidang Kesejahteraan Mochlasin berharap panitia haji terus melakukan pembenahan dan evaluasi agar pelayanan pada tahun depan lebih maksimal.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015