Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan Badan Sosialisasi MPR, Bachtiar Aly, membuka sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode outbound pada mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi se-Jakarta di Tangerang, Banten.

"Kita memperkenalkan nilai Empat Pilar sebagai nilai luhur yang harus diaktualisasikan sesuai tantangan jaman," katanya melalui siaran pers MPR, Jumat malam.

Dengan peserta dari kalangan mahasiwa, politisi Nasdem itu mengatakan bahwa hal ini menjadi kesempatan untuk berdiskusi secara terbuka mengenai Empat Pilar MPR.

"Mereka bebas memberikan kritik, pendapat, saran, dan sebagainya. Kita berdiskusi. Ini jauh dari program indoktrinasi. Kita tidak menjejali mahasiswa dengan Empat Pilar," tegasnya.

Sebaliknya, lanjut Bachtiar, dengan metode ini, mahasiswa bisa berpikir dan menggunakan nalarnya mengenai wawasan kebangsaan. "Kalau tidak menggunakan nalarnya, mereka akan ketinggalan," ucapnya.

Sosialisasi ini diikuti 100 mahasiswa dari 14 perguruan tinggi di antaranya Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Universitas Nasional, UIN Syarif Hidayatullah,  Universitas Budi Luhur, Universitas Mercu Buana, Universitas Indonusa Esa Unggul,   Institut Kesenian Jakarta, Universitas Prof Dr Moestopo.

Sementara itu Wakil Bupati Tangerang Hermansyah mengapresiasi langkah MPR tersebut. "Ini telah men-trigger mahasiswa untuk memiliki pengetahuan tentang kebangsaan dan kenegaraan. Kegiatan sosialisasi metode outbound ini cukup efektif," pungkasnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015