Sesuai dengan tulisan di buku ini, kami akan belajar untuk jadi Presiden."
Pekanbaru (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan ratusan buku kepada sejumlah anak Panti Asuhan Baiturrahmah di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

"Ini dari Pak Jokowi. Kami berebut untuk mendapatkannya," kata Ikhsan (12), anak panti asuhan tersebut kepada wartawan usai kunjungan Presiden Jokowi di sela-sela meninjau lokasi lahan bekas terbakar, Jumat.

Ikhsan bersama puluhan anak panti asuhan dan ratusan bocah mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP) sempat berebut untuk mendapatkan buku yang langsung dibagikan Presiden Jokowi.

Presiden membagikan ratusan buku tulis tersebut setelah meninjau upaya pencegahan kebakaran lahan gambut di Desa Rimbo Panjang, Kampar.

Presiden Jokowi ketika itu tampak turun dari mobil sedan berplat nomor Indonesia tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dilipat dan mengenakan pelindung kepala.

Presiden Jokowi langsung menuju lokasi lahan bekas terbakar dan masuk ke kawasan rawa gambut sejauh lebih satu kilometer didampingi Bupati Kampar Jefry Noer, dan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Setengah jam peninjauan, Presiden Jokowi saat kembali langsung disambut ratusan masyarakat, yang sebagian besar berteriak histeris memanggilnya.

Presiden Jokowi menyambut sapaan itu dengan senyuman sambil melambaikan tangan, kemudian mengarah ke dalam mobil mengambil ratusan buku tulis yang dibagikan ke bocah-bocah yang turut menantinya.

Sampul buku yang diberikan Presiden Jokowi itu bertuliskan "Belajar, belajar, belajar".

"Sesuai dengan tulisan di buku ini, kami akan belajar untuk jadi Presiden," kata Joni (14) dari Panti Asuhan Baiturrahmah.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015