Sungailiat (ANTARA News) - Anggota DPR RI, Rudianto Tjen meminta pihak Kepolisian memperketat pengawasan untuk mengantisipasi masuknya gerakan radikal ke wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya minta pihak Kepolisian memperketat pengawasan di seluruh wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengantisipasi masuknya gerakan radikal seperti jaringan ISIS," katanya di Sungailiat, Babel, Selasa.

Menurut dia, sebagai salah satu daerah kepulauan di Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi dijadikan tempat untuk mengembangkan jaringan gerakan terlarang.

"Pintu masuk ke wilayah Bangka Belitung cukup banyak melalui jalur laut," ujarnya.

Selain peningkatan pengawasan oleh pihak aparat polisi, dia menyarankan agar perlu ditingkatkan koordinasi semua pihak termasuk membangun komunikasi dengan masyarakat.

"Keterlibatan masyarakat mencegah masuknya gerakan radikal serta pelaku pelanggaran hukum lainnya sangatlah dibutuhkan untuk membantu pihak Kepolisian," katanya.

Menurut dia, masyarakat juga harus lebih koperatif membantu pihak Kepolisian menciptakan lingkungan atau daerah yang aman dan tertib dengan segera melaporkan kepihak kepolisian jika mengetahui adanya dugaan pelanggaran hukum oleh siapapun.

"Saya minta masyarakat membantu polisi menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan, segera laporkan ke polisi terdekat jika mengetahui adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan siapapun," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015