Jakarta (ANTARA News) - Relawan Merah Putih (RMP) terus berbakti kepada sesama di setiap momentum, antara lain dengan menggelar shalat Idul Adha dan membagikan daging kurban di Lahan Parkir Rumah Sakit Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis. Bertindak khatib shalat Id adalah Dr. Muhammad Faisal Hamdani, dengan imam Chandra yang dikiiuti ratusan jamaah.

Dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis, Ketua Panitia Shalat Idul Adha dan Kurban RMP, Denny Jaya Abriyani, mengatakan bahwa kegiatan ini bagian dari program berbagi RMP.

RMP selalu memastikan ikut berpartispasi dalam membantu pemerintah, khusunya terkait dengan pemberdayaan masyarakat yang kurang mampu. Selain itu, RMP juga selalu menebar empati kepada sesama sebagai wujud dari gotong royong.

"Semoga kita bisa meneladani Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim mengajarkan bahwa Tauhid, atau keyakinan dan imam pada Tuhan, harus berdampak secara sosial pada masyarakat," ujar Denny.

Denny menjelaskan bahwa kurban yang dipotong adalah seeokor sapi dan empat ekor domba. ‎Hewan kurban ini berasal dari hasil gotong royong kader-kader RMP, dan akan dibagikan kepada warga yang sebelumnya sudah dibagi kupon sehingga pembagian berjalan aman, lancar dan tertib. RMP sendiri adalah salah satu elemen pendukung utama Jokowi-JK dalam Pilpres 2014.

‎Ketua Umum RMP Maruarar Sirait menegaskan bahwa solidaritas merupakan sebuah keniscayaan.  Solidaritas merupakan anjuran yang ada di setiap agama, dan juga menjadi pondasi kebersamaan dalam membangun keutuhan bangsa dan negara dalam bingkai Bhinneka Ttunggal Ika.

"Kita mau laksanakan nilai-nilai berbagi pada sesama, yang juga merupakan implementasi dari gotong royong dalam sebuah masyarakat. Kita harus memberi contoh dan keteladanan dalam mensosialiasikan gotong royong, yang merupakan wujud bahkan intisari dari Pancasila," ungkap Maruarar, yang sebelumnya juga berbagi dengan warga Kampung Pulo.

Sementara itu, Lurah Gondangdia Menteng, Muhammad Harri Ananda, yang hadir saat pemotongan hewan kurban, sangat mengapresiasi kegiatan RMP ini. Ini merupakan kegiatan yang sangat positif‎ dan benar-benar sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya sangat mendukung kegiatan ini. Artinya, semua orang berhak berkurban, baik dari pribadi, swasta, atau relawan. Ini sangat luar biasa, apalagi hubungan RMP dengam kelurahan juga sangat baik. Kami selalu berkoordinasi," kata Hari.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015