Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo membagikan hewan kurban ke beberapa daerah pada Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah.

Presiden memberikan satu sapi jenis Simental ke panitia kurban Masjid Ridwanul Bahri di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy menyerahkan hewan kurban itu kepada pengurus masjid pada Rabu (23/9) sore menurut Ketua Panitia Hari Raya Kurban Masjid Ridwanul Bahri Letda Agus di Manokwari, Kamis.

Presiden menyumbangkan satu sapi berwarna cokelat seberat 1,3 ton ke Panitia Kurban di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat.

"Ini diamanahkan kepada pengurus dan DKM agar nanti bisa diserahkan pada yang berhak," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa.

Selain itu, Kepala Negara memberikan satu sapi ke panitia kurban Masjid Agung Darussalam di Palu, Sulawesi Tengah, dan satu sapi ke panitia kurban Masjid Agung Al Karomah di Martapura, Kalimantan Selatan.

Panitia Kurban Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, juga menerima hewan kurban berupa sapi Simental berusia tiga tahun seberat 1,2 ton dari Presiden.

"Hewan kurban yang pertama kalinya dari Presiden untuk Masjid Al-Akbar itu sudah datang dari Bojonegoro pada Rabu (23/9) siang," kata Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmi M Noor.

Selain itu sapi kurban dari Presiden diserahkan kepada perwakilan Panitia Hari Besar Indonesia (PHBI) Lampung usai pelaksanaan Sholat Idul di Lapangan Saburai Bandarlampung.

Sapi kurban seberat satu ton dari Presiden juga diserahkan kepada panitia kurban Masjid Raya Sumatera Barat.

Kepala Bagian Penerangan Biro Humas Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Zardi Syahrir mengatakan sapi itu akan disembelih bersama hewan kurban lain usai shalat Idul Adha dan kemudian dibagikan kepada warga.

Sementara kepada panitia kurban Masjid Istiqlal di Jakarta, Presiden menyerahkan hewan kurban berupa sapi berbobot 1,300 ton.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yudi Chrisnandi menyerahkan hewan kurban itu kepada panitia kurban usai shalat Idul Adha di Istiqlal.

"Kami atas nama pemerintah dan Presiden RI pada hari ini menyerahkan hewan kurban dari Presiden, ini merupakan salah satu hewan kurban dari Presiden," kata Yudi saat menyerahkan sapi tersebut kepada Ketua Badan Pengelola Masjid Istiqlal Mubarok. (P008*H009*A066*J008*E011*R007*KR-EBK)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015