Jakarta (ANTARA News) - Aktris Kristin Chenoweth dikenal bangga menyampaikan agama yang dianutnya, Katolik, kepada publik.

Demikian pula Tom Cruise yang bangga berkeyakinan Sciencetology atau Orlando Bloom yang tak bisa menyembunyikan ketakjubannya kepada Budha.

Lain lagi dengan Dave Chappele yang masuk Islam pada 2005 dan menyatakan tak sungkan untuk membicarakannya di publik serta menyebut agamanya ini indah.

Berikut kesepuluh pesohor papan atas Hollywood yang bangga menjadi pemeluk agama, seperti dilaporkan Hollywood Reporter.

1. Kristin Chenoweth
    Kepada National Catholic Repoter aktris yang dibaptis Katolik ini dia berkata, "Saya hanya ingin seperti Yesus, memaafkan dan mencintai serta tak gampang menghakimi, menerima semua orang sekali pun mereka menentang Anda."

2. Tom Cruise
Dalam sebuah wawancara dia berbicara tentang Scientology bahwa "Ini adalah sebuah agama. Karena ini berkaitan dengan spirit. Anda sebagai makhluk spiritual. Agama ini memberi Anda alat yang bisa Anda gunakan untuk diterapkan dalam kehidupan Anda."

3. Natalie Portman
  "Semakin saya tua, semakin saya sadar betapa berbedanya menjadi seorang Yahudi di daerah Yahudi dengan seorang Yahudi di daerah non Yahudi. Perasaan yang sama sekali lain dalam arti betapa bebasnya Anda untuk menjadi diri sendiri dan merayakan budaya dan agama Anda," kata aktris Yahudi ini kepada The Telegraph.

4. Mark Wahlberg
Bagi penganut Katolik berdarah Irlandia ini "agama adalah bagian paling penting dalam hidup saya. Saya tak mau memaksakannya ke orang lain, tapi saya juga tak mau menyembunyikannya."

5. Candace Cameron
"Tuhan adalah sahabat karib saya," kata Candace kepada Beliefnet. "Adalah hubungan sehari-hari dengan Dia, jadi berbicara kepada Dia setiap hari dan merasakan di mana Dia menuntun saya, membacakan kalimat-kalimat-Nya."

6. Madonna
Penganut Yahudi Kabbalah ini mengaku tunduk kepada Perjanjian Lama dan berusaha menjadi orang yang lebih baik bersama Tuhan. "Saya membangun sekolah-sekolah untuk para gadis di negara-negara Islam dan mempelajari Alquran. Saya kira penting mempelajari semua kitab suci. Seperti seorang teman saya di Yaman pernah bilang seorang Muslim yang taat adalah seperti seorang Yahudi taat, dan seorang Yahudi yang taat seperti seorang Kristen yang taat."

7. Dave Chappelle
Pada 2004, Chappelle mengaku kepada majalah Time bahwa dia telah masuk Islam. "Biasanya saya tak membicarakan agama saya kepada publik karena saya tak ingin orang mengasosiasikan saya dan kelemahan saya dengan agama indah ini. Saya yakin Islam adalah agama yang indah jika Anda mempelajarinya dengan benar."

8. Denzel Washington
Kepada GO pada 2012, dia bertestimoni, "Saya membaca Injil setiap hari, dan saya membacakan Kalimat Harian saya. Kemarin saya membaca hal menakjubkan yang bunyinya 'Jangan bercita-cita untuk mencipta kehidupan. Bercita-citalah untuk membuat perbedaan'".

9. Martin Sheen
"Saya memeluk Katolik. Saya mencintai agama ini. Saya tidak menggilai kelembagaan, tapi agama ini adalah milik saya, ke mana pun saya pergi di dunia ini.  Agama adalah kepercayaan yang fundamental pada semua orang beriman, bahwa Tuhan itu ada."

10. Orlando Bloom
Berbicara soal menjadi penganut Budha kepada majalah Details pada 2007, Bloom berkata, "Filosofi yang saya anut adalah bukan tentang duduk di bawah pohon dan mempelajari pusat diri saya, namun mengenai belajar tentang apa yang terjadi dalam hidup saya dan menggunakannya sebagai energi untuk bergerak dan menghidupkan kehidupan yang lebih besar."


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015