Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan otomotif terbesar di India, Tata Motors, menampilkan kendaraan bahan bakar CNG (Compressed Natural Gas) Mini pick up Tata Ace CNG dan Tata Iris CNG di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, BSD City, Tangerang Selatan, Banten.

"Tata Ace CNG dan Tata Iris CNG yang dapat digunakan sebagai angkutan penumpang dan logistik antar wilayah kecamatan dan pedesaan,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur PT Tata Motors Distribusi Indonesia dalam siaran pers.

Biswadev menambahkan bahwa Tata Motors berkomitmen untuk memberikan solusi bagi Indonesia dengan kendaraan komersial kecil, kendaraan logistik kecil dan kendaraan angkut penumpang. Tak hanya itu, kami juga ingin menjadi bagian dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia,” tegas Biswadev.

Tata Ace CNG menggunakan mesin 702 cc 275 CNG-BS IV Water-cooled Multipoint Gas Injection Engine. Yang mampu menghasilkan tenaga 21 Hp pada 3400 rpm dan torsi 49 Nm di 2200 rpm. Keduanya dihubungkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Tata Iris CNG menggunakan satu silinder mesin CNG dengan kapasitas 611cc dan menghasilkan tenaga dan torsi; 13,2Hp dan 39 NM. Tangki CNG Tata Iris memiliki kapasitas 10 kg atau setara dengan kemampuan jarak tempuh hingga 220 kilometer.

Tata hadir dengan kapasitas angkut dari 4 sampai 5 penumpang tergantung pada varian.

Tata Motors memiliki pabrik khusus (fully built CNG production) yang memproduksi kendaraan berbahan bakar CNG di Uttarakhand, India.

Kelebihan pengembangan dan produksi langsung adalah konsumen dapat menikmati sistem CNG dan instalasi CNG yang lebih aman dan berkualitas standar.

Tata Motors Limited adalah perusahaan mobil terbesar di India dengan anak perusahaan antara lain Jaguar Land Rover, bisnis yang terdiri dari dua merek ikonik Inggris.
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015