Jakarta (ANTARA News) - Pertamina Lubricants menggandeng perusahaan otomotif Lamborghini dalam melakukan riset mengenai pelumas untuk kendaraan super cepat dan berteknologi tinggi.

"Pertamina Lubricants berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dalam mengembangkan produknya agar dapat memenuhi kebutuhan perkembangan teknologi otomotif di Indonesia dan dunia. Semua ini didukung dengan fasilitas penelitian dan pengembangan serta fasilitas produksi yang dimiliki oleh Pertamina,"ujar Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Gigih WH Irianto, di Jakarta, Selasa.

Pertamina telah melakukan riset bersama Lamborghini untuk produk pelumas khusus Lamborghini dan menghasilkan produk pelumas yakni Fastron Platinum SAE OW-40 untuk mobil kelas atas dan Fastron Platinum RacingSAE 10W-60 untuk mobil "sport".

Pengujian terhadap pelumas tersebut dilakukan langsung di Italia. Produk Fastron Platinum Racing telah diuji dan mendapatkan approval khusus dari Lamborghini.

Lebih lanjut Gigih menambahkan bahwa keandalan pelumas Pertamina yang telah mendapat pengakuan dari Lamborghini dibuktikan dengan terpilihnya Pertamina sebagai technical partner Automobili Lamborghini untuk kegiatan "motorsport" Lamborghini, yaitu Lamborghini Super Trofeo dan Lamborghini GT3.

"Pertamina Fastron dipercaya menjadi pelumas resmi di setiap balapan super Trofeo dan menjadi pendukung penuh dari tim Lamborghini GT3 yang bertanding di kejuaraan dunia. Kerja sama ini berlangsung selama lima tahun 2015-2019 dan Pertamina Fastron juga dipercaya untuk menjadi pelumas resmi di 129 dealer Lamborghini di seluruh dunia. Melalui produk unggulan Pertamina ini semakin memperkuat eksistensi pelumas Pertamina di arena super car international," terang dia.

Pertamina Lubricants menciptakan produk pelumas Fastron dengan teknologi nano yakni pelumas sintetik terkini berkualitas tinggi untuk secara optimal melindungi mesin, sekaligus memberikan keandalan dan percepatan yang optimal.

Selain dua varian Fastron Premium, Pertamina juga meluncurkan tiga varian baru Pelumas Fastron yakni Fastron Gold 5W-40 dan Fastron Gold 0W-20 untuk kendaraan modern dan CBU dengan teknologi mesin mutakhir, dan Fastron Techno 10W-30 didesain khusus untuk pemakai harian dan memberikan keunggulan hemat bahan bakar.
Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015