Jakarta (ANTARA News) - Sepak bola jalanan di Indonesia kini mempunyai wadah resmi dengan dibentuknya Pengurus Pusat Asosiasi Street Soccer Indonesia (ASSI) yang dikukuhkan oleh Menpora Imam Nahrawi.

Pelatihan organisasi yang dipimpin oleh Madira Isman itu dilakukan di Wisma Kemenpora, Jakarta, Kamis, dihadiri Ketua Umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) yang juga mantan menpora, Hayono Isman.

"Hari ini merupakan salah satu hari yang paling berharga bagi kami karena telah dilantik dan dikukuhkan. Ini adalah prestasi pertama kami," kata Ketua Umum ASSI Madira Isman usai pelantikan.

Dengan terbentuknya wadah secara resmi, kata Madira, pihaknya yang didukung oleh barisan pemuda bervisi dan misi sama akan bergerak cepat untuk merealisasikan program-program.

Target awal yang akan direalisasikan adalah mengikuti festival olahraga yang digelar oleh FORMI di Bali, Oktober mendatang. Selain itu pihaknya juga akan mengikuti pertemuan internasional dengan lembaga yang selama ini konsen dalam sepak bola jalanan di London Inggris.

"Selain itu kami juga akan mempersiapkan diri untuk menghadapi Tafisa 2016 di Indonesia," kata pria yang juga berprofesi sebagai pengusaha muda nasional itu.

Madira Isman menjelaskan dipilihnya street soccer sebagai obyek yang akan dikembangkan didasarkan beberapa hal diantaranya karena cabang olahraga ini sangat familiar dan dinilai mampu mewujudkan harapan bagi semua kalangan termasuk pemuda yang berada di kolong jembatan.

Sementara itu Menpora Imam Nahwari mengatakan, dengan adanya wadah baru ini diharapkan mampu mendapatkan hasil positif. Para atlet yang berperan diharapkan mampu melahirkan karya yang pantas untuk dibanggakan.

"Saya kira ini adalah hal yang bagus. Saya berharap dengan terbentuknya organisasi ini akan berdampak positif pada perkembangannya," katanya, seusai pelatikan.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015