Jakarta (ANTARA News) - Apple dilaporkan telah mendirikan divisi otomotif yang berlokasi tidak jauh dari basis perusahaan tersebut di Cupertino.

Digital Spy melaporkan tim otomotif Apple saat ini tengah fokus pada Project Titan, nama kode Apple untuk eksperimennya dalam menciptakan mobil self-driving (kemudi otomatis tanpa supir).

Apple dikabarkan telah bertemu sejumlah pakar dari pabrikan mobil ternama antara lain Mercedes Benz, Tesla, BMW dan Fiat-Chrysler.

Untuk uji coba mobil kemudi otomatis tersebut, Apple dikabarkan akan menggunakan GoMentum Station, yang merupakan bekas pangkalan senjata angkatan laut AS.

GoMentum sendiri akan segera dioperasikan sebagai tempat uji coba mobil kemudi otomatis di bawah pengawasan militer AS.

Apple belum memberikan tanggapan mengenai hal ini, namun juru bicara perusahaan induk GoMentum, Contra Costa Transportation Authority, menegaskan bahwa Apple telah menunjukkan minat dalam menggunakan lokasi tersebut.

"Kami harus menandatangani perjanjian non-disclosure dengan Apple," kata Randy Iwasaki, juru bicara CCTA.

"Kami tidak bisa mengatakan apa pun selain mereka sudah datang dan mereka tertarik," tambah dia.

Apple tidak sendirian dalam mengembangkan mobil self-driving. Alphabet (milik Google) dan Uber, keduanya terjun dalam pengembangan kendaraan kemudi otomatis selama setahun terakhir.
Penerjemah: Arindra Meodia
Copyright © ANTARA 2015