Jakarta (ANTARA News) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly melantik Ronny Frengky Sompie sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham yang baru.

"Kita menggelar pelantikan dan pengucapan sumpah pejabat di Kemenkumham. Ada Pak Ronny Sompie yang menjadi Dirjen Imigrasi. Dengan pemimpin yang baru, kita harap Kemenkumham terus maju dan memberikan yang terbaik untuk bangsa," kata Menkumham Yasonna Laoly di kantor Kemenkumham Jakarta, Senin.

Pengangkatan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden No 121/M tahun 2015 tertanggal 27 Juli 2015.

Selain Ronny, maka Yasonna juga melantik Widodo Ekatjahjana sebagai Dirjen Peraturan dan Perundang-Undangan, I Wayan Kusmiantha Dusak sebagai Dirjen Pemasyarakatan serta Ahmad M Ramli sebagai Dirjen Kekayaan Intelektual.

Ronny yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Mabes Polri dan Kapolda Bali tersebut menyatakan bahwa ia beralih status dari polisi menjadi Pimpinan Tinggi Madya.

"Saya kan sudah alih status, tadi sudah dibacakan (SK-nya). Saya sudah mendapatkan NIP (Nomor Induk Pegawai," kata Ronny.

Jenderal bintang dua itu mengaku belum mengetahui siapa penggantinya sebagai Kapolda Bali.

"(Kapolda Bali) masih menunggu pengganti saya, menunggu perintah bapak Kapolri(Jenderal Polisi Badrodin Haiti,red). Kalau saya kan sudah melaksanakan tugas di sini," tambah Ronny singkat.

Lulusan Akademi Angkatan Bersenjata tahun 1984 ini tercatat sebagai perwira tinggi Polri pertama yang mengisi jabatan nomor satu di Biro Pengawasan Penyidik Polri.

Pewarta: Desca Lidya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015