Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 80 foto para veteran dari Bandung dipamerkan untuk masyarakat umum di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Jalan Dipati Ukur Kota Bandung, dari 10 Agustus hingga 10 September 2015.

"Pameran foto veteran ini merupakan bagian dari Peringatan Hari Veteran Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat," kata Ketua Tim Pemotretan Foto Veteran Bandung Ivan Arsiandi, di Bandung, Senin.

Ia mengatakan, selama ini generasi muda selalu diingatkan agar jangan melupakan sejarah namun terkadang pelaku sejarahnya malah dilupakan.

"Oleh karena itu, agar kita sebagai generasi penerus bangsa tidak lupa sejarah dan pelaku sejarahnya, maka dibuatkan pameran foto veteran ini," kata dia.

Foto veteran yang ditampilkan di pameran foto tersebut, kata dia, adalah para veteran perjuangan dan pembela.

"Pada awalnya kita memiliki lebih dari 100 foto namun karena alasan biaya dan pertimbangan dari Legiun Veteran akhirnya diputuskan hanya 80 yang dipamerkan," kata dia.

Ia menuturkan, untuk bisa mendapatkan foto veteran tersebut dirinya harus mengunjungi kantor Legiun Veteran Republika Indonesia tingkat Kota Bandung dan Provinsi Jabar.

"Untungnya, para veteran setiap tanggal 17 berkumpul di kantor legiun veteran tingkat kota atau provinsi untuk melaksanakan upacara. Nah, momentum tersebut kita gunakan untuk memotret para veteran," kata dia.

Menurut dia, salah satu foto veteran yang ditampilkan dalam pemeran tersebut adalah Fakih Yohana, seorang veteran asal Kota Bandung yang berusia 103 tahun.

Ivan berharap, ke-80 foto veteran yang dipamerkan tersebut bisa menjadi langkah awal bagi dirinya untuk membuat dokumen visual veteran di Jawa Barat.

"Harapan terbesar kita ialah, kita punya database visual yang lengkap, karena hingga saat ini dokumen visual veteran itu masih belum diperhatikan dengan baik," ujar dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015