Jakarta (ANTARA News) - Membawa kucing dalam perjalanan, terutama bila menggunakan kendaraan, sang pemilik perlu memperhatikan beberapa hal demi kenyamanan binatang kesayangannya itu.

"Pastikan kucing merasa nyaman dengan kandangnya," kata Jackson Galaxy, pembawa acara "My Cat from Hell" saat berjumpa dengan media di Jakarta, Sabtu.

Menurut Jackson, kucing pun kerap merasa takut saat bepergian. Agar hewan peliharaan merasa nyaman, ia menyarankan pemilik untuk membuat kandang seperti tempat tidur dengan mengalasinya dengan selimut.

"Dengan begitu, kucing akan merasa nyaman," kata laki-laki berusia 49 tahun itu.

Saat berada di dalam mobil, tidak ada salahnya menaruh handuk di atas kandang mereka supaya mereka tidak begitu terganggu dengan suasana di sekitarnya.

Ketika sampai di tempat tujuan, dalam hal ini Galaxy mencontohkan pindah rumah, biarkan kucing perlahan mengenal lingkungan barunya.

"Biarkan mereka mengendusnya," kata Galaxy.

Biarkan kucing berjalan-jalan mengelilingi setiap ruangan di dalam rumah agar mereka mengenal dan terbiasa dengannya.

Menurut dia, bila pindah ke lingkungan yang baru, jangan biarkan kucing berjalan-jalan di luar rumah karena ada kemungkinan mereka hilang tersesat di lingkungan yang baru.

"Sama seperti anak-anak kan, kau tidak membiarkan mereka main di luar saat pindah ke tempat yang baru," kata Galaxy yang dijuluki Cat Daddy ini.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015