Paris (ANTARA News) - Keputusan pelatih West Ham United Slaven Bilic untuk memainkan tim muda yang minim pengalaman untuk leg kedua putaran kualifikasi ketiga Liga Eropa di markas Astra Giugiu berbuah pahit, ketika tim Romania itu menang 2-1 pada Kamis.

"The Hammers," yang menyia-nyiakan keunggulan dua gol dan kemasukan gol penyama kedudukan di fase akhir pertandingan leg pertama pekan lalu, kalah agregat 3-4.

Semuanya dimulai dengan baik ketika gol dari pemain debutan Manuel Lanzini pada menit ketiga membuat mereka memimpin.

Namun dua gol cepat dalam rentang waktu tiga menit dari kapten Constantis Budescu, pada menit ke-33 dan ke-36, membawa tim Romania itu berbalik memimpin.

Bilic mempertahankan keputusannya untuk mengistirahatkan para pemain inti menjelang pertandingan pembukaan Liga Utama Inggris mereka melawan Arsenal pada Minggu.

"Ini merupakan pengalaman bagus untuk sejumlah pemain muda, namun beberapa pemain yang bermain bersama pada malam ini memperlihatkan mereka akan sangat berguna," kata Bilic.

"Kami memiliki musim besar di depan kami, yang dimulai pada Minggu, dan kami akan bagus di Liga Utama Inggris. Saya sangat prcaya diri tentang hal itu."

Borussia Dortmund, yang merupakan runner up Liga Champions pada 2013, menghadap undian playoff Jumat dengan kemenangan 5-0 atas Wolfsberg dari Austria untuk unggul agregat 6-0.

Henrih Mkhitaryan mencuri perhatian dengan trigolnya pada rentang waktu 13 menit di babak kedua.

Southampton telah unggul 3-0 pada pertandingan leg pertama mereka melawan Vitesse Arnhem, dan melaju dengan kemenangan agregat 5-0 setelah tembakan mendatar Graziano Pelle menutup peluang tim lawan, dan penyerang asal Senegal Sadio Mane memperbesar keunggulan timnya empat menit sebelum pertandingan usai.

Hasil ini dinodai oleh berita bahwa polisi Belanda melakukan 53 penangkapan di Arnhem sebelum pertandingan dimulai.

Namun kali ini bukan para penggemar asal Inggris yang ditahan, ketika laporan-laporan mengungkapkan dari 50 orang yang ditahan di distrik kota itu merupakan orang Belanda dan tiga orang lagi berasal dari Inggris.

Sampdoria yang dilatih Walter Zenga juga menjadi pecundang dari Vojvodina asal Serbia, meski mereka memenangi pertandingan leg kedua dengan skor 2-0. Namun kekalahan mengejutkan 0-4 yang mereka terima di kandang sendiri pekan lalu terbukti terlalu sulit untuk dikejar.

Aberdeen ditahan imbang 1-1 oleh tim Kazakhstan Kairat Almaty, dan tersingkir dengan kekalahan agregat 2-3.

Gerard Gohou membuka keunggulan tim tamu pada menit ke-59 dan meski Kenny McLean menyamakan kedudukan pada malam itu, The Dons tidak mampu menciptakan gol kedua yang akan membuat pertandingan itu diteruskan ke masa perpanjangan waktu.

Athletic Bilbao mencapai putaran playoff setelah menahan imbang Inter Baku dari Azerbaijan dengan skor 0-0.

Seteah melakukan hal berat pada pertandingan leg pertama di kandang sendiri pekan lalu, mereka menuju undian Jumat dengan kemenangan agregat 2-0.

Rubin Kazan asal Rusia menghadapi pertandingan leg kedua melawan Sturm Graz dengan keunggulan 3-2 dari laga tandang, dan sempat mengalami saat yang mencemaskan ketika Josep Tadic membawa tim Austria tersebut memimpin.

Namun kapten Oleg Kuzmin mampu mencetak gol penyama kedudukan lima menit sebelum pertandingan usai, untuk membuat pertandingan berakhir imbang 1-1 dan Kazan melaju dengan kemenangan agregat 4-3.
(RF/A016)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015