Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA News) - Sebanyak 82 persen dari sekitar 650.000 pemudik pejalan kaki yang mudik ke Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan pada musim Lebaran 2015, Jumat, sudah kembali ke Pulau Jawa.

"Hingga Jumat malam (24/7) sejak H+1, sebanyak 540.000 penumpang pejalan kaki atau 82 persen pemudik sudah kembali ke Pulau Jawa," kata Kapolres Lampung Selatan AKBP Hengki SIK ketika ditanya di Pelabuhan Bakauheni, Jumat malam.

Ia mengatakan bahwa hari ini (24/7) hingga pukul 20.00 WIB sebanyak 30.000 penumpang pejalan kaki menyeberang atau balik ke Jawa menggunakan sejumlah kapal feri dari lima dermaga yang beroperasi di Pelabuhan Bakauheni.

Diperkirakan sisa pemudik yang berjumlah sekitar 100.000-an penumpang pejalan kaki akan menyeberang ke Jawa dalam dua hari ke depan (Sabtu dan Minggu).

Untuk mengamankan arus mudik dan balik di Pelabuhan Bakauheni pada musim Lebaran 2015, kata Hengki, Polres Lampung Selatan mengerahkan 246 personel, belum termasuk tambahan dari Polda Lampung.

Kapolres mengharapkan situasi kemanan di Pelabuhan Bakauhenin hingga berakhirnya arus balik tetap terkendali karena sejak H-7 hingga saat ini gangguan keamanan relatif kecil dan arus balik penumpang dan kendaraan berjalan lancar.

"Tidak ada gangguan keamanan yang sigifikan, penanganan arus balik relatif lancar, tidak terjadi penumpukan kendaraan ataupun penumpang," katanya.

Pewarta: Edy Supriyadi & Agusta H.
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015