Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Jasa penyewaan mobil di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, selama musim libur lebaran ini meraih penghasilan lumayan karena meningkatnya pemesanan.

"Tiga hari setelah lebaran ini tiap hari ada yang menyewa. Rata-rata mereka berwisata ke pantai Ujung Pandaran," kata Yudi, salah seorang warga yang menyewakan mobilnya, Senin.

Saat musim libur lebaran seperti ini, tarif sewa mobil bervariasi. Jenis mobil yang banyak disewakan diantaranya Kijang Innova, Avanza dan Xenia karena dinilai cukup praktis dan nyaman untuk perjalanan jauh.

Tidak hanya biro perjalanan yang melayani penyewaan mobil, tidak sedikit warga yang siap menyewakan mobil mereka. Pasalnya, hasilnya cukup lumayan, tanpa harus mengeluarkan biaya operasional.

Untuk mobil jenis Innova, tarif sewa berkisar Rp 600.000 per hari, sedangkan Avanza dan Xenia dipatok sekitar Rp 500.000 per hari. Namun karena banyaknya warga yang hendak menyewa mobil, tidak semua berhasil mendapatkan mobil sewaan.

Tarif tersebut hanya biaya sewa mobil selama satu hari. Untuk biaya bahan bakar minyak dan sopir, ditanggung oleh penyewa. Ada pula yang menyiapkan jasa sewa sekaligus dengan sopir, namun harga sewa lebih tinggi lagi.

"Karena mau berangkat satu rombongan keluarga, makanya kami menyewa mobil. Kalau dibilang tinggi, ya memang tinggi sewanya. Tapi tidak apalah, liburan setahun sekali. Lagi pula, musim liburan seperti ini sulit juga nyari mobil sewaan," kata Sufi, salah seorang warga.

Objek wisata yang menjadi favorit masyarakat Kotim yaitu pantai Ujung Pandaran. Selama musim libur lebaran ini, diperkirakan sudah puluhan ribu pengunjung yang datang ke objek wisata itu. Tidak hanya dari Kotim, sebagian wisatawan bahkan ada yang berasal dari luar daerah.

Pewarta: Norjani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015