Solo (ANTARA News) - Ratusan unit sepeda motor para pemudik yang diangkut dengan armada truk dari Jakarta telah tiba di Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Surakarta, Senin dini hari.

Ratusan unit sepeda motor milik pemudik dari Jakarta tersebut setibanya di Solo, kemudian diturunkan dari armada truk untuk di parkir halaman Kantor Dishubkominfo Kota Surakarta, sekitar pukul 01.00 WIB.

Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas, Dishubkominfo Kota Surakarta, Sri Baskoro, bahwa ada sebanyak 450 unit sepeda motor milik para pemudik telah tiba di Solo dan kni di parkir di halaman kantor.

Menurut Sri Baskoro, 450 unit sepeda motor tersbeut diangkut dengan tujuh kendaraan truk, sedangkan pemilik kendaraan ini dengan program mudik gratis menumpang bus yang diperkirakan tiba di Solo, pada Rabu (15/7) atau H-2 Lebaran.

Sri Barkoro menjelaskan, jumlah truk yang mengangkut sepeda motor program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan tersebut seluruhnya ada 16 truk. Jumlah ini, mengangkut sebanyak 720 unit sepeda motor.

Namun, truk pengangkut sepeda motor pemudik tersebut seluruhnya akan tiba di Solo, Senin ini.

"Kami sudah mendapatkan informasi truk pengangkut sepeda motor sebagian masih dalam perjalanan. Karena totalnya sekitar 720 kendaraan," katanya.

Sri Baskoro menjelaskan, bus yang mengangkut pemilik sepeda motor pemudik tersebut sebanyak 37 armada dengan membawa 1.656 penumpang. Rencana, bus pemudik turun di Kantor Dishubkominfo.

Kepala Dishubkominfo Kota Surakarta, Yosca Herman Sudrajat, mengatakan, mekanisme penumpang yang diangkut dengan puluhan bus secara gratis tersebut cara pengambilan sepeda motornya dilakukan secara ketat.

Pemilik kendaraan roda dua pemudik tersebut seperti biasa mekanisme pengambilan sepeda motornya dengan cara menunjukkan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK).

"Pemudik sepeda motor ini, akan diberikan bantuan bahan bakar minyak (BBM) satu liter untuk perjalanan menuju SPBU terdekat," katanya.

Menurut dia, dengan adanya program mudik gratis sepeda motor tersebut untuk mengantisipasi risiko adanya kecelakaan lalu lintas di jalan selama mudik hingga arus balik. 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015