Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan Fraksi PPP MPR RI Raden Achmad Dimyati Natakusumah meminta tokoh agama dan ulama agar bisa memberikan kesejukan kepada masyarakat. 

Tak hanya itu, para ulama dan tokoh masyarakat juga diminta untuk menjaga kerukunan beragama, toleransi dalam kehidupan beragama.

"Usaha menjaga kerukunan umat beragama saat ini banyak sekali gangguan-gangguan. Dan yang membuat miris gangguan terbesar dari dalam negeri sendiri. Gangguan besar juga bisa berasal dari elit-elit politik dan kekuasaan," kata Dimyati di Jakarta, Senin.

Ditambahkan dia, ke depan tangangan bangsa ini sangatlah besar dan  berat serta kompleks, seperti perekonomian yang memburuk, pengangguran yang makin meningkat. Semua itu yang diderita rakyat.

"Melihat kondisi seperti itu, kita semua berharap peran para ulama dan peran para tokoh agama untuk terjun langsung membuat sejuk umat dan membuat sejuk seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Lalu apa yang harus diperbuat rakyat untuk menghadapi tangangan bangsa sekaligus menjaga keutuhan dan kerukunan beragama, menurut Dimyati, solusinya adalah, semua rakyat Indonesia merasakan sebagai satu saudara, satu nasib dan sepenanggungan.

"Jika bangsa ini sudah merasa sebagai satu keluarga, satu darah, maka bangsa ini akan mampu menjaga kerukunan antar umat beragama, menjaga keutuhan bangsa sekaligus mampu memghadapi tantangan bangsa baik internal atau tantangan global," kata dia.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015