Cilegon (ANTARA News) - Pemudik bersepeda motor memadati ruas jalan Kota Cilegon menuju Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Pulau Sumatera.

Berdasarkan pantauan, Minggu, pukul 18.00 WIB sepeda motor dengan plat "B" (Jakarta, Tangerang, dan Bekasi) melintasi Kota Cilegon, sehingga ruas jalan protokol menjadi padat.

"Kami selama perjalanan dari Jakarta tidak mengalami hambatan maupun kemacetan lalu lintas," kata Yoyon, yang hendak mudik ke Lampung Utara.

Ia membawa istri dan seorang putra berangkat secara berkelompok dengan teman-teman kerja sebanyak 10 orang tujuan Lampung Utara.

Dia merencanakan setelah sampai di Pelabuhan Bakauheni, rombonganya melanjutkan perjalanan ke Lampung Utara pada pagi hari karena khawatir jadi korban pembegalan jika meneruskan perjalanan pada malam.

Ia mengatakan, dirinya dari Jakarta berangkat siang hari dan selama perjalanan sering istirahat di warung untuk menghilangkan rasa capai.

"Kami memilih istirahat jika rasa ngantuk terlebih dahulu minum kopi di warung terdekat," katanya.

Begitu pula Mulyadi, pengendara sepeda motor lainnya, mengatakan, ia berangkat dari Tangerang sekitar pukul 03.00 WIB dan tiba di Pelabuhan Merak pukul 17.30 WIB.

"Kami setiap tahun mudik bersama istri dan anak ke kampung halaman di Kalianda Lampung," katanya.

Polres Cilegon menyediakan 15 pos polisi lalu lintas di sepanjang Cilegon hingga Pelabuhan Merak.

Pos polisi itu di antaranya Simpang Bojo Negara, Pondok Cilegon Indah, Jalan Protokol Kota Cilegon dan Pelabuhan Merak.

Pewarta: Mansyur
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015