Khusus untuk pengemudi Damri, mereka sebelumnya harus dicek tekanan darahnya, rendah atau tidak. Setelah itu ada cek mata guna mengetahui tingkat kelelahan pengemudi."
Jakarta (ANTARA News) - Perum Damri menyediakan Posko Lebaran yang dilengkapi cek kesehatan mulai Kamis malam untuk mengantisipasi kelelahan pada pengemudi sebelum mengoperasikan kendaraan mudik.

"Khusus untuk pengemudi Damri, mereka sebelumnya harus dicek tekanan darahnya, rendah atau tidak. Setelah itu ada cek mata guna mengetahui tingkat kelelahan pengemudi," kata Direktur Utama Perum Damri Agus Subrata kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Agus mengatakan cek kesehatan tersebut untuk menghindari pengemudi lelah yang memaksa untuk beroperasi sehingga bisa menyebabkan kecelakaan, terutama di tol Cipali yang sudah memakan banyak korban.

Ia menilai jalan tol terpanjang di Indonesia tersebut sebetulnya sudah layak digunakan, hanya saja pengemudi terkadang lengah karena trek jalan yang lurus.

Selain itu, Posko Lebaran di pool DAMRI Kemayoran itu juga menyediakan tempat istirahat untuk pengemudi yang baru saja tiba dari luar Jakarta.

Untuk persiapan di jalan tol, Perum Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia ini bekerja sama dengan Jasa Marga untuk bisa mendapatkan akses cek poin dan operasi mobil sweeping.

"Mobil sweeping sudah kami persiapkan untuk mengecek jika ada kendala teknis pada bus. Kami juga menyediakan spare part di cek poin yang mungkin diperlukan. Namun sejauh ini kondisi bus yang beroperasi sudah siap jalan," ujar Agus.

Tahun ini, Perum Damri menyiapkan sebanyak 636 unit bus angkutan yang dapat menampung 24.660 penumpang. Jumlah bus yang dioperasikan lebih banyak dibandingkan tahun lalu sebanyak 576 unit bus.

Selain itu, Damri melayani 52 jurusan yang terdiri atas trayek dari Jakarta ke Jawa Barat dan Jawa Tengah, Jakarta ke Sumatra, luar Jakarta ke Sumatra, seperti Palembang, serta luar Jawa lainnya yakni Pontianak, Banjarmasin, Makassar dan Denpasar.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015