Target saya tol Lampung-Palembang selesai sebelum Asian Games 2018 harus selesai
Purwakarta (ANTARA News) - Presiden Jokowi akan meninjau perkembangan pengerjaan Tol Bakauheni-Palembang di Lampung yang beberapa waktu lalu diresmikan permulaan pembangunannya.

"Setelah ini saya akan cek jalan tol Trans Sumatera yang tiga bulan lalu groundbreaking, ada yang bisik-bisik ke saya, saya akan cek progresnya seperti apa," kata Jokowi saat peresmian pengoperasian Jalan Tol Cikopo Palimanan di Purwakarta, Sabtu.

Ia menyebutkan jika tidak ada progres berarti ada yang tidak beres.

Ia menyebutkan ada empat sesi dalam pembangunan jalan tol itu yang begitu ada pembebasan lahan langsung dilaksanakan pengerjaan pembangunannya.

"Target saya tol Lampung-Palembang selesai sebelum Asian Games 2018 harus selesai," katanya.

Dari Gerbang Tol Cikopo, Presiden Jokowi dan rombongan menumpang helikopter superpuma milik TNI-AU bertolak ke Bakauheni Lampung.

Presiden menyebutkan di negara Indonesia biaya transportasi lebih mahal 2-3 kali lipat dibanding negara tetangga.

Terkait dengan Tol Cipali, Presiden meminta pengelola agar melibatkan pihak yang kecil-kecil.

"Saya titip yang kecil-kecil dilibatkan. Yang kecil-kecil dimasukkan, warung makan, penjual buah, dibuatkan tempat menampung mereka," katanya.

Presiden menyebutkan pembangunan infastruktur merupakan prasyarat mutlak meningkatkan pertumbuhan eknomi sehingga pemerintah terus memperbaiki iklim investasi.

Menurut dia, jalan tol yang dibangun dengan skema kerja sama pemerintah-swasta (PPP) itu terus dikembangkan.

"Kita buka kesempatan kepada siapapun untuk berinvestasi," katanya.

Presiden juga mengapresasi manajemen jalan tol itu. "Saya minta sebelum Lebaran harus selesai ternyata sebelum puasa sudah selesai," katanya.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015