Bandung (ANTARA News) - Kolaborasi antara pabrikan mobil asal Korea Selatan KIA Motors Corporation dengan produsen oli mesin kendaraan asal Prancis Total dipastikan bakal diperpanjang dengan durasi kerja sama lanjutan tiga tahun lamanya.

Hal itu diungkapkan oleh OEM Manager Automotive PT Total Oil Indonesia Gervi Irsyadi, yang memastikan bahwa kerja sama yang telah dimulai sejak 2011 silam itu akan diteruskan untuk durasi tiga tahun berikutnya.

"Ditingkatan global ini, sudah dibicarakan dan disetujui bahwa selepas kerja sama durasi lima tahun 2011-2016 akan diperpanjang dengan durasi lanjutan tiga tahun," kata Gervi disela acara Total Fun Drive di kawasan Lembang, Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Menurut Gervi, pihak KIA mengaku puas dengan apa yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak secara bersama-sama dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Di sisi lain, Gervi sendiri mengaku bahwa skema kolaborasi KIA-Total telah memberikan keuntungan yang signifikan bagi kedua belah pihak.

"Di Indonesia sendiri, sebagai perwakilan satu sama lain, kami TOI berhubungan langsung dengan Agen Pemegang Merek KIA di Indonesia, PT KIA Mobil Indonesia (KMI), dan harus diakui kami juga sudah mendapatkan keuntungan sebagaimana yang diharapkan," katanya.

Gervi menyebutkan sedikitnya ada dua keuntungan yang nampak secara gamblang, yakni pemasangan stiker "KIA recommends TOTAL" pada setiap mesin mobil yang dipasarkan KIA baik di pasar global maupun Indonesia, serta keikutsertaan pihaknya dalam setiap acara-acara yang cukup relevan dan penting yang digelar oleh KMI.

Hal tersebut juga diakui oleh Manajer Hubungan Publik KMI Lawindri Liu, yang bahkan menyebutkan bahwa dalam waktu dekat jelang lebaran, sebagaimana rutin telah dilakukan KMI juga akan mengajak TOI terlibat dalam program musim mudik 2015 jelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

"Program mudik setiap tahun kami gelar itu sebagai salah satu wujud lain kerja sama KIA-Total lewat KMI-TOI. Untuk tahun ini rangkaian program mudik akan dimulai dengan promo pramudik selama 15 Juni-11 Juli 2015, yang kemudian akan dilanjut dengan pendirian posko mudik yang beroperasi selama 13-19 Juli 2015," kata Lawindri.

Perluas kerja sama Gervi juga menyebutkan selain bekerja sama dengan KIA yang merupakan turunan dari kesepakatan prinsipal tingkat global, pihaknya sebagai perwakilan Total di ranah pasar pelumas mesin kendaraan bermotor di Indonesia rutin melakukan berbagai kerja sama di tingkat yang lebih lokal, di daerah-daerah dengan sedikitnya 80 persen merek yang berada di Indonesia.

Sementara untuk kerja sama tingkat nasional, baru-baru ini mulai 2015 mereka menyepakati rekanan dengan Nissan.

"Jadi mulai 2015 ini secara nasional kami juga bekerja sama dengan Nissan dan kami merupakan satu-satu ya produk pendamping Nissan Genuine Oil," katanya.

Gervi mengakui pihaknya memang menetapkan target rekanan baik itu di tingkat global, regional, nasional maupun lokal.

Akan tetap, lanjut Gervi, tidak mudah untuk mencapai target tersebut, pasalnya dibutuhkan sebuah proses yang panjang sebelum memutuskan kesepakatan kerja sama dengan sebuah merek pabrikan otomotif tertentu.

"Untuk setiap penjajakan merek, kami harus lebih dulu memastikan bahwa produk kami cocok dengan setiap produk calon rekanan itu. Dan setiap tipe kami coba gunakan pelumas kami, itu harus, karena tidak perkara mana merek yang lebih besar tapi mana yang cocok secara menyeluruh," pungkasnya.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015