Saat ini masih banyak proyek yang mestinya bisa memakai bahan baku dalam negeri tapi pada praktiknya justru menggunakan komponen impor. Akibatnya kapasitas kandungan lokal yang sudah disiapkan pabrik-pabrik di Indonesia tidak sepenuhnya terserap."
Jakarta (ANTARTA News) - Presiden Joko Widodo menegaskan perekonomian nasional harus mengutamakan produktivitas yang didukung pengembangan industri dalam negeri.

Keterangan pers Tim Komunikasi Presiden yang diterima Antara di Jakarta, Rabu, Presiden dalam rapat terbatas mengenai infrastruktur, maritim, energi, pangan dan pariwisata pada Selasa meminta agar ketergantungan terhadap produk negara lain dikurangi.

"Pengembangan ekonomi juga harus lebih digerakkan oleh sektor produksi, bukan konsumsi," kata Presiden sebagaimana disampakan Teten Masduki dari Tim Komunikasi Presiden dalam keterangan pers itu.

Presiden Jokowi juga menginstruksikan agar proyek-proyek yang saat ini sedang dikerjakan oleh kementerian/lembaga dan BUMN menggunakan bahan baku lokal.

"Saat ini masih banyak proyek yang mestinya bisa memakai bahan baku dalam negeri tapi pada praktiknya justru menggunakan komponen impor. Akibatnya kapasitas kandungan lokal yang sudah disiapkan pabrik-pabrik di Indonesia tidak sepenuhnya terserap," kata Presiden Joko Widodo.

Untuk mempercepat realisasi, Presiden menugasi Menko Perekonomian segera menyiapkan regulasi yang diperlukan. Presiden juga memerintahkan BPKP untuk melakukan pengawasan terhadap kementerian, lembaga dan BUMN yang tidak mau menggunakan bahan baku lokal.


Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015