Jakarta (ANTARA News) - Dalam rangka suksesi kepemimpinan organisasi, Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) III pada 19-20 Mei 2015 di Hotel Grand Mangku Putra, Cilegon, Banten.

Rapimnas III SOKSI yang bertema "Membangun SOKSI yang Kuat dan Modern" itu akan membahas agenda pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) untuk memilih calon Ketua Umum Depinas SOKSI periode 2015-2020.

Ketua Umum Depinas SOKSI periode 2010-2015 Ade Komarudin di Jakarta, Jumat, menyatakan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapapun kader dan pengurus, baik yang berasal dari pengurus tingkat pusat maupun daerah, untuk maju dalam bursa pencalonan sebagai ketua umum SOKSI periode 2015-2020.

Syaratnya orang tersebut harus memiliki komitmen dan integritas yang tinggi untuk memimpin, dan selama ini selalu ada kontribusi untuk organisasi, bukan karena tiba-tiba ingin jadi ketua.

Dibukanya kesempatan seluas-luasnya bagi kader untuk menjadi calon ketua umum, dalam rangka memberikan pembelajaran politik yang santun dan beretika kepada masyarakat, khususnya para kader dan pengurus SOKSI.

"Pemilihan ketua umum harus sesuai dengan cara-cara yang benar. Jangan hanya show off kekuatan, tapi semuanya juga harus sesuai mekanisme organisasi dan AD-ART," katanya.

Jelang Rapimnas SOKSI ini, Ade Komarudin merangkul para anggota dan pengurus organisasi SOKSI untuk kembali kepada program "Catur Bangkit SOKSI", yang terdiri dari bangkit organisasi, bangkit kaderisasi, bangkit ide dan gagasan, serta bangkit kesejahteraan rakyat. "Ketua umum harus bisa menjadikan SOKSI betul-betul bermanfaat untuk rakyat melalui karya nyata di masyarakat," ujarnya.

Ketua Organizing Committee Rapimnas III Depinas SOKSI, Fatahillah Ramli menjelaskan, sesuai dengan AD dan ART organisasi, pemilihan ketua umum Depinas SOKSI terlebih dahulu akan dibahas dalam Rapimnas. Selanjutnya Rapimnas akan memutuskan pelaksanaan Munas X SOKSI Tahun 2015 untuk memilih dan mengesahkan ketua umum yang baru.

Rapimnas III SOKSI akan dihadiri sekitar 1.200 peserta, yang terdiri dari 32 Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) dan 752 Dewan Pimpinan Cabang (Depicab) SOKSI se-Indonesia. Acara akan diawali dengan pembukaan Rapimnas pada Selasa, 19 Mei 2015 dan dilanjutkan dengan syukuran HUT SOKSI ke-55, kemudian dilanjutkan dengan Musyawarah Nasional (MUNAS) X pada 21 dan 22 Mei 2015.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015