Jakarta (ANTARA News) - Memilih pelumas atau oli yang tepat selain menjaga daya tahan mesin kendaraan ternyata juga menghemat konsumsi bahan bakar anda.

Berikut cara memilih pelumas kendaraan menurut Manajer Marketing Evalube, Ivan Rastianto, ketika menemani tim Evalube Garage 57 berlomba pada Kejurnas Indonesia Night City Slalom 2015 di BSD City, Banten, Sabtu.

"Pertama, pelumas harus disesuaikan dengan tahun keluaran produksi mobil," kata Ivan.

Ivan mengatakan untuk mobil produksi 2010 ke atas sebaiknya menggunakan oli yang encer dengan ukuran kekentalan 5W30, sementara untuk mobil sebelum tahun 2010 sebaiknya menggunakan oli lebih kental dengan ukuran 10W40 atau 20W50.

Ivan memaparkan, keunggulan menggunakan oli yang lebih encer akan meringankan kinerja mesin dan hemat bahan bakar.

"Kedua, perhatikan teknologi mesin mobil anda, jika mesinnya injeksi gunakan oli yang sesuai, jika mesinnya VVT-i atau VTEC juga disesuikan, jangan asal," kata Ivan.

Ivan menjelaskan, penggunaan oli yang tidak sesuai akan membuat ketahanan mesin menurun karena komponen yang bergesekan akan cepat panas dan rusak.

"Ketiga, pilihlah oli yang memberikan ketahan mesin bukan kecepatan karena jika ketahanan mesin tidak terjaga, maka akselerasi mobil pun akan jeblok," imbuhnya.

Terakhir, kata Ivan, jangan telat ganti oli karena pelumas yang terlalu lama digunakan tidak akan maksimal melindungi mesin kendaraan dari panas dan gesekan.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015