Jakarta (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat se Jawa Barat melakukan deklarasi untuk mendukung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menjadi Ketua Umum PD 2015-2020 pada Kongres PD di Surabaya pertengahan Mei ini.

Menurut Ketua Harian PD, Syarif Hasan dalam rilisnya, Jaakarta, Sabtu, deklarasi yang dikemas dalam bentuk silaturahmi tersebut mengatakan, dukungan tersebut bukan hanya simbol semata.

"Saya harap dukungan yang diberikan tulus dari para Ketua DPC. Sejujurnya bahwa Pak SBY sendiri ingin pensiun dan beristirahat, tapi melihat dukungan dari berbegai daerah tentunya menjadi pertimbangan SBY pada kongres besok," kata Syarief Hasan.

Mantan Menteri Koperasi dan UKM itu juga mempersilahkan bilamana ada yang ingin maju sebagai calon Ketua Umum pada Kongres nanti. Terpenting dukungan yang diberikan para kader dan yang mempunyai hak suara cukup.

"Silahkan saja bilamana ingin maju, tentunya harus mendapatkann dukungan dari peserta kongres minimal 30 persen. Saya kira dengan berbagai dukungan dari daerah terus mengalir, SBY tidak bisa dibendung lagi untuk dicalonkan sebagai Ketum," jelas Syarief.

Sementara itu Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengatakan, deklarasi dukungan tersebut dilakukan tak lain atas inisiatif rekan-rekan para Ketua DPC dan Anggota DPR RI se-Jawa Barat. "Upaya deklarasi dukungan ini dilakukan atas dasar insiaitif sendiri, karena melihat keberhasilan SBY tidak hanya memimpin bangsa selama 10 tahun dan juga memimpin Partai Demokrat," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu.

"Kita tahu pasca Pak SBY diamanatkan menjadi Ketua Umum pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Bali tahun 2013 Partai Demokrat di pemilu 2014 kemarin tetap diterima dimasyarakat. Meskipun banyak yang bilang Partai Demokrat akan hancur, nyatanya tidak terbukti," jelas anggota DPR RI asal Dapil Cirebon ini.

Hal yang sama dikatakan Ketua DPC Kabupaten Bogor yang juga anggota DPR RI Anton Suratto. Dia berharap SBY dapat menerima atas permintaan dari para Ketua DPC Jawa Barat dan juga berbagai daerah untuk menjadi Ketua Umum kembali.

"Saya yakin bilamana dukungan terus mengalir Kongres besok bisa aklamasi SBY menjadi Ketua Umum. Kami para Ketua DPC melihat hanya SBY yang mampu membawa perubahan yang lebih baik untuk kemajuan Partai Demokrat di lima tahun mendatang. Terlebih menghadapi pemilu kepala daerah dan pemilu 2019, terlebih jejak rekam Pak SBY sudah tidak diragukannya lagi," ujar Anton.

Hadir dalam acara deklarasi itu adalah Ketua Harian DPP partai Demokrat Syarief Hasan, Ketua DPC Kabupaten Bogor yang juga anggota DPR RI Anton Suratto, Linda Megawati, Saan Mustopa, Herman Khaeron, Ketua DPC Kabupaten Bandung Barat Roestanto Wahidi, Agung Budi Santoso.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015