Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, merayakan Hari Buruh Internasional 2015 dengan melepas 10.000 ekor ikan lele bersama dengan komunitas fans Iwan Fals, Jumat.

"Kegiatan itu kita laksanakan di kolam retensi Kompleks Pemkot Bekasi dalam rangkaian agenda penghijauan yang bertepatan dengan May Day," kata Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu, di Bekasi.

Sebanyak 10.000 bibit ikan lele itu dilepas secara simbolis oleh Syaikhu dengan diikuti sekitar 40 orang anggota OI yang merupakan fans musisi Iwan Fals.

Usai melepas bibit lele, rombongan melanjutkan kegiatan May Day dengan menanam puluhan bibit tanaman pohon produktif di sekitar hutan Kompleks Pemkot Bekasi.

"Selain menanam pohon, kami juga membuat lubang biopori bersama rekan dari OI sebagai bagian dari program mengenaskan banjir," katanya.

Kegiatan itu, ujarnya, diharapkan dapat menginspirasi kaum buruh dalam menciptakan kondusivitas saat perayaan May Day tahun mendatang.

"Kami harap perayaan May Day dapat dilakukan dengan positif demi terjaganya hubungan industrial yang baik serta roda perekonomian daerah yang berjalan lancar," katanya.

Sementara itu, agenda perayaan Hari Buruh di Kota Bekasi diikuti oleh sekitar 1.000 buruh dari dua serikat, masing-masing Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (FSBDSI) dan Persatuan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI).

Kegiatan itu dimeriahkan dengan hiburan musik dan pembagian hadiah berupa tiga buah sepeda oleh perwakilan unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Bekasi.

Dalam kesempatan itu, buruh pun menyuarakan tuntutan mereka berupa pemberlakukan BPJS di seluruh rumah sakit di Kota Bekasi, pemberian beasiswa kepada anak buruh yang berprestasi secara akademik, dan penyediaan pos pengadaan hubungan industrial.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015