Fasilitasnya juga harus ditunjang supaya di daerah merasakan siaran televisi, dan akses informasi lainnya."
Bandung (ANTARA News) - Anggota Komisi I DPR Supiadin Aries Saputra mengatakan, kemudahan akses informasi harus mampu menyentuh masyarakat pesisir pantai dan daerah terpencil, termasuk pantai selatan di Jawa Barat.

"Bukan hanya pesisir pantai saja, tapi wilayah perbatasan juga, masyarakatnya harus dimudahkan untuk mengakses informasi," kata Supiadin saat agenda resesnya ke Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu.

Ia menuturkan, beberapa daerah terpencil di Indonesia, seperti wilayah pesisir pantai masih minim fasilitas untuk mengakses informasi, seperti Internet dan siaran televisi yang memerlukan infrastruktur, termasuk menara (tower) telekomunikasi.

"Untuk itu kita sudah bicarakan ke Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk dibangun tower-tower atau relai supaya masyarakat bisa mengakses informasi," katanya.

Selain membangun fasilitas tower, purnawirawan bintang dua TNI Angkatan Darat itu menyatakan, pihaknya akan menyampaikan kepada pemerintah agar menyediakan perangkatnya untuk mengakses informasi.

"Fasilitasnya juga harus ditunjang supaya di daerah merasakan siaran televisi, dan akses informasi lainnya," kata politisi Partai NasDem itu.

Supiadin dalam resesnya ke Garut juga mendatangi langsung masyarakat dan kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Garut.

Kedatangan mantan Panglima Daerah Militer (Pangdam) Aceh ke Garut itu untuk menyerap segala aspirasi dari masyarakat langsung yang nantinya menjadi kajian di Parlemen.

Supiadin juga menyampaikan kepada masyarakat maupun wartawan  di Garut tentang rancangan undang-undang Radio Televisi Republik Indonesia (RTRI) yang sedang dibahas Komisi I DPR RI.

"Jadi, sedang dibahas radio dan televisi publik menjadi satu, karena di luar negeri sudah menyatu," katanya menambahkan.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015