Mereka punya nomor putra dan putri pada cabang olah raga lain, jadi mengapa tidak?"
Shanghai (ANTARA News) - Pebalap perempuan tim Lotus yang berstatus development driver, Carmen Jorda, mendukung rencana bos Formula Satu Bernie Ecclestone untuk menyelenggarakan kejuaraan Formula Satu khusus perempuan yang disebutnya "sempurna".

Jorda yang tahun ini menjadi satu dari dua pebalap putri F1 selain Susie Wolff dari Williams, berkata kepada AFP bahwa perempuan pantas mendapatkan kejuaraan dunianya sendiri.

"Saya kira Bernie punya gagasan bagus. Itu bagus untuk kami. Mereka punya nomor putra dan putri pada cabang olah raga lain, jadi mengapa tidak? Tidak adil mengatakan kita perlu adu balap melawan laki-laki. Mengapa? Untuk menjadi di belakang mereka?", kata pebalap Spanyol ini sebelum mulainya Grand Prix Tiongkok.

Berbalikkan dengan Jorda, Susie Wolff menentang Formula Satu khusus perempuan itu dengan menegaskan bahwa dia ingin terus membalap sebagai "pebalap normal" yang bersaing dengan para pebalap putra.

Jorda tak memahami pandangan pebalap putri Inggris yang menjadi pesaingnya tersebut.

"Untuk saat ini dia tidak ikut berlomba. Dia hanya jadi pebalap uji, jadi jika dia ingin bersaing (dalam kejuaraan khusus wanita) maka akan sungguh hebat," kata Jorda.

Pebalap putra seperti mantan juara dunia Jenson Button juga menolak gagasan Ecclestone karena menurutnya perempuan bisa bersaing dengan laki-laki.

Carmen Jorda yang adalah putri dari Jose Miguel Jorda kembali menyerang Button.

"Tidak adil. Perempuan bisa membalap, ya, tapi untuk apa? Untuk berada di belakang, berada pada urutan 15? Kita pantas juara," tutup dia seperti dikutip AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015