Bogor (ANTARA News) - Supir mobil rental berhasil menggagalkan aksi pencurian terhadap seorang ibu rumah tangga di Jalan Salak, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Akibatnya, seorang pelaku pencurian ditangkap, sedangkan tiga pelaku lari ke Kebun Raya Bogor, empat lainnya lari menggunakan sepeda motor.

Saat itu, Dadang (29), sang sopir mobil rental, sedang melintas membawa rombongan dari Bandung untuk keperluan dinas di Kota Bogor.

"Saya lihat pelaku ada delapan orang dengan empat sepeda motor, kejadian sekitar siang ba'da (setelah) duhur," kata dia di Mapolres Bogor Kota.

Ia bercerita, para pelaku menghampiri mobil Nisan Juke yang dikendarai Rika, warga Cipete, Kabupaten Bogor, bersama anaknya yang baru berusia sekitar lima tahun.

Saat itu Rika sedang keluar dari mobil untuk mengecek ban mobil belakang sebelah kiri yang kempes.

"Saat ibu itu turun, pelaku membuka mobil dan mengambil tasnya," kata Dadang.

Dadang melihat kejadian itu dari jarak 100 meter. Setelah itu para pelaku kabur, namun menghantam bagian depan sebelah kiri mobilnya.

Geram kepada ulah mereka, Dadang mencegat mereka yang berupaya untuk melarikan diri, sampai salah satu sepeda motor milik pelaku terjatuh dan stang bagian kiri patah.

"Sudah kepalang tanggung mobil saya sudah rusak kena hantam sekalian saja saya cegat pelaku," kata dia.

Diduga pelaku sudah mengincar korban yang baru mengambil uang di Bank BCA kawasan Jambu Dua sebesar Rp30 juta untuk gaji karyawan salon miliknya.

Korban berencana ingin ke Pasar Bogor, sebelum menjemput dulu anaknya pulang sekolah di wilayah Lodaya. Saat melintas di Jalan Salak, ban mobil korban kempes.

"Saya tadinya mau cek ban mobil kempes bagian belakang yang sebelah kiri. Saya lihat ada yang mengambil tas. Kaki pelaku sempat saya pegang sebelum dia kabur, terus pelaku kabur dan ditabrak sama motor dan mobil," kata Rika.

Sementara itu dua unit sepeda motor pelaku diamankan di SPK Mapolwil Bogor, sedangkan sejumlah petugas dikerahkan untuk mencari pelaku yang kabur Kebun Raya.

Komandan Keamanan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya-LIPI, Aipda Agus Setyo Budi membenarkan informasi ada pelaku pencurian yang kabur ke Kebun Raya.

"Kami sudah mengerahkan petugas keamanan Kebun Raya untuk membantu pencarian dan memperketat pengamanan keluar masuk Kebun Raya," kata dia.

Ia mengatakan petugas Polres dan Garuda 315 ikut mencari pelaku yang lari ke dalam Kebun Raya. Salah seorang pelaku diketahui menggunakan baju kemeja kotak-kotak, celana jeans biru dan sendal jepit.



Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015