Jakarta (ANTARA News) - Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), meresmikan fasilitas diler penjualan, perawatan dan suku cadang (3S) mereka di Lampung.

Keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan diler yang diresmikan tersebur merupakan diler 3S ke-12 yang dimiliki TMDI di seluruh Indonesia dan ke-2 di Pulau Sumatera.

"Lampung adalah diler ke-13 TMDI dan ke-2 di Sumatera. Setelah sukses mengembangkan jaringan di Pulai Jawa dan Bali, fokus kamj selanjutnya adalah Sumatera," kata Presiden Direktur TMDI Biswadev Sengupta.

Sengupta menilai Sumatera pada umumnya dan khususnya Lampung merupakan wilayah yang menjanjikan bagi pertumbuhan penjualan Tata Motors di Indonesia.

Biswadev memaparkan pihaknya telah merencakan untuk mendekatkan diri kepada prospek pelanggan di Lampung dan telah mempelajari bahwa pemicu pertumbuhan ekonomi provinsi tersebut ialah sektor pertanian, yang disusul perdagangan dan industri pengolahan.

Selain tiga sektor tersebut, sektor jasa dan angkutan juga mencatatkan pertumbuhan positif dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tata Motors adalah produsen kendaraan terbesar di India yang memiliki variasi segmen kendaraan yang luas, baik di kelas kendaraan penumpang maupun niaga.

"Di segmen kendaraan niaga kami memiliki pick up mini Tata Ace EX2 yang merupakan pelopor di segmennya dengan mesin diesel 700 cc yang sangat cocok menjadi angkutan barang dan penumpang di perdesaan dan wilayah marak pertanian. Sementara Super Ace 1.400 cc diesel dapat menjadi solusi angkutan barang serta penumpang (angkot)," kata Biswadev.

Diler 3S Tata Motors di Lampung yang berdiri dengan toal luas bangunan 1.200 m2 dengan luas ruang pamer seluas 800 m2 berdiri di atas lahan seluas 1.800 m2 dimiliki dan dikelola oleh PT Simpur Mobil Lampung (SML).

Diler tersebut juga memiliki area perawatan seluas 800 m2 dengan jumlah stall 5 unit beserta ruang suku cadang orisinal lengkap.

Selain di Lampung, TMDI memiliki Diler 3S lain di Kramat Senen Jakarta, MT Haryono Jakarta, Serpong Banten, Cikarang Bekasi, Purwokerto Jawa Tengah, Solo Jawa Tengah, Malang Jawa Timur, Surabaya Jawa Timur, Banyuwangi Jawa Timur, Pekanbaru Riau dan Denpasar Bali.‎

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015