Jakarta (ANTARA News) - Tim Mobil Universitas Negeri Yogyakarta, Garuda UNY Racing Team (GURT) akan menunjukkan kemampuan membuat mobil formula dengan mengikuti 2015 Student Formula Japan (SFJ) pada 1-5 September 2015 di ECOPA (Ogasayama-Sports; Shizouka-ken) Jepang.

Siaran pers GURT menyebutkan, kompetisi tersebut diikuti mahasiswa dari Austria, Jepang, Filipina, India, Thailand, Taiwan, Korea Selatan, Tiongkok dan lainnya.

Sementara dari Indonesia, salah satunya diwakili oleh Garuda UNY Racing Team F15.

"Kami sudah terdaftar secara resmi di 2015 Student Formula Japan. Kami mendapat nomor mobil 76, Saat ini kami membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak dan sangat terbuka untuk kerjasama sponsorship," kata Bondan Prakoso Ketua Umum delegasi 2015 SFJ.

Untuk mengikuti 2015 Student Formula Japan, GURT akan memproduksi mobil formula yang dinamai Garuda F15.

"Arti filosofis dari Garuda F15, Garuda adalah lambang negara, F merupakan Formula dan 15 adalah tahun kompetisi," kata Bondan.

"Kami menargetkan Garuda F15 dapat membawa pulang 5 kategori juara dalam 2015 SFJ, antara lain best rookie, acceleration, powertrain design, design, dan dapat menempati posisi 10 besar," lanjutnya.

Pembuatan mobil formula student diawali dengan mendesain mobil sesuai dengan ketentuan dalam regulasi 2015 formula SAE dan local rule dari SFJ.

Setelah proses pembuatan desain selesai, maka akan dilanjutkan untuk proses manufaktur. Manufaktur mobil diawali dengan pembuatan chassis.

Ninda Kurniadi, ketua tim teknis delegasi 2015 SFJ mengemukakan hal yang paling krusial dari mobil formula ini adalah engine system.

Garuda F15 menggunakan engine Husqvarna SM630 dengan engine displacement 600cc.

Pembuatan mobil formula ini melibatkan 18 orang mahasiswa yang terbagi dalam dua tim, tim teknis dan non-teknis.

Anggota tim berasal dari hampir seluruh fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta.

"Saat ini proses keseluruhan pembuatan mobil formula sudah mencapai 30%. Kami menargetkan mobil akan selesai pada bulan Mei," ujar Ninda.
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015