Sentul, Bogor (ANTARA News) - Pengetahuan dan pengamalan prinsip-prinsip keselamatan dalam berkendara menjadi modal awal yang sangat penting bagi siapapun yang berminat untuk terjun ke dunia balap, demikian kata Anggota DPR RI Moreno Soeprapto.

"Dari sebelum masuk ke dunia balap, yang harus saya tekankan adalah betapa pentingnya pengetahuan akan bagaimana cara berkendara yang aman," kata pebalap Moreno saat ditemui di sela-sela Seri I Scooterprix 2015 di Sirkuit Sentul Mini, Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Moreno menegaskan bahwa dalam dunia balap soal memacu mesin dan melesat dengan cepat bukan perkara utama, melainkan kecakapan untuk mengendarai baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat dengan cermat.

Kecermatan itu, lanjut Moreno, berasal dari pengetahuan keselamatan berkendara.

"Sebelum tahu potensi balap seseorang, sebaiknya pertama-tama ditanamkan dulu pengetahuan mengenai keselamatan berkendara.

"Setelah itu tertanam, dengan pengetahuan keselamatan berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan atau roda empat, baru silakan mereka memilah dan memilih mana yang lebih diminati dan diseriusi untuk mulai ikut adu pacu di sirkuit," katanya.

Selain itu, kata Moreno, pengetahuan keselamatan berkendara juga tentunya akan berdampak positif pada perilaku berlalu lintas, yang nantinya secara perlahan mengurangi penyebab kemacetan di jalanan.

"Intinya, balap itu kan memang soal hobi, tetapi hobi yang satu ini harus punya dasar keselamatan berkendara yang jelas," pungkasnya.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015