Pasuruan (ANTARA News) - Anggota DPR Mukhamad Misbakhun menegaskan siap memperjuangkan dana pembangunan daerah pemilihan yang digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Saya sedang memperjuangkan bagaimana anggota DPR RI dapat akses program pembangunan untuk rakyat, tentunya dengan pertanggung jawaban yang benar," kata politisi Golkar itu di Pasuruan, Jatim, Selasa.

Hal itu diungkapkan Misbakhun dalam acara dengar pendapat saat acara reses massa sidang II di Desa Ngempit, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar itu mengatakan legislator merupakan wakil rakyat yang dipilih langsung oleh rakyatnya sehingga sudah sepatutnya dapat memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah pemilihannya.

"Para menteri dipilih presiden lalu datang ke masyarakat membawa program, namun kami dipilih rakyat tidak bisa membawa program," ujarnya.

Misbakhun menjelaskan, dana yang digunakan untuk pembangunan dapil bisa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Dia mencontohkan tiap anggota DPR mendapatkan sekitar Rp40 miliar dengan proses pengawasan yang ketat maka cita-cita pembangunan akan tercapai.

"Misalnya dana pembangunan dapil sebesar satu persen dari APBN senilai Rp2000 triliun maka masing-masing anggota DPR mendapatkan sekitar Rp40 miliar untuk program pembangunan," katanya.

Dia mengatakan, dana sebesar itu harus diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat yaitu dari pengelolaan dan pertanggung jawabannya. Misbakhun menegaskan dirinya siap memperjuangkan dana pembangunan tersebut di tahun 2016.

"Namun pertanggung jawabannya harus benar dan juga pendampingannya misalnya jangan sampai dana untuk pembangunan jalan digunakan untuk yang lain," katanya.

Pasal 80 huruf (j) Undang-Undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) disebutkan hak anggota DPR di antaranya "mengusulkan dan memperjuangkan program pembangunan daerah pemilihan".

Penyampaian usulan program pembangunan daerah pemilihan (Dapil) atau dana aspirasi akan disampaikan dalam forum sidang paripurna DPR.

Dalam kesempatan itu Misbakhun juga mengunjungi konstituen dan relawannya di Desa Watestani, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Di tempat tersebut, dia memberikan bantuan dana untuk Masjid Al Ibrohimiah, Madrasah Miftahul Quran, dan organisasi Ishari.

Dalam agenda reses II itu, Misbakhun akan mengunjungi 16 titik di wilayah Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Probolinggo, Jawa Timur dari 1-7 Maret 2015.

Misbakhun mengunjungi jaringan masyarakat, jaringan pendukung, dan struktur Partai Golkar di wilayah tersebut.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015