...jangan hanya karena kesalahan administrasi dalam penggunaan anggaran yang kecil kemudian tersandung masalah hukum.

Ambon (ANTARA News) - Para Gubernur yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Syahrul Yasin Limpo, meminta "perlindungan" dari Pemerintah Pusat terkait penggunaan anggaran pembangunan untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

"Terlalu banyak tekanan yang ditujukan kepada para Gubernur akhir-akhir ini terkait penggunaan anggaran pembangunan, sehingga kami butuh perlindungan dari pemerintah pusat terlebih Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla," kata Ketua Umum APPSI Syahrul Yasin Limpo, pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APPSI tahun 2015, di Ambon, Maluku, Kamis malam.

Syahrul Yasin Limpo yang juga Gubernur Sulawesi Selatan itu mengatakan, semua Gubernur bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan keuangan negara yang dialokasikan untuk pembangunan di daerah.

Namun, jangan hanya karena kesalahan administrasi dalam penggunaan anggaran yang kecil kemudian tersandung masalah hukum.

"Sebagai kepala daerah para Gubernur memikul tanggung jawab yang berat dalam mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya. Karena itu pula kami membutuhkan perlindungan dan jalan keluar untuk mengatasi berbagai tekanan yang merongrong kepemimpinan para Gubernur," katanya.

Dia menandaskan, Asosiasi APPSI saat ini semakin solid dan terus bekerja untuk meningkatkan dan mengimplementasikan berbagai program pembangunan bersama Menteri Dalam Negeri.

"Rakernas APPSI tahun 2015 di Ambon juga dilandasi tekad bersama para Gubernur untuk memajukan bangsa dan negara serta menyejahterakan masyarakat," katanya.

Syahrul Yasin Limpo berharap kehadiran Wapres Jusuf Kalla membuka Rakernas APPSI dapat memberikan angin segar kepada para Gubernur dalam melanjutkan program pembangunan di daerah masing-masing.

"Para Gubernur rindu untuk bicara dari hati ke hati bersama Pak Wapres Jusuf Kalla, sekaligus memberikan sesuatu yang berarti dan menjadi pegangan untuk maju bersama demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan daerah, bangsa dan negara," katanya.

Dia juga menegaskan, para Gubernur sepakat untuk membangun lima hal utama dalam program pembangunan yakni keselarasan masalah politik, kemajuan ekonomi di tengah berbagai tantangan yang dihadapi, meningkatkan kecerdasan masyarakat melalui pendidikan dan agama serta menjaga ketahanan keamanan dan ideologi negara.

Rakernas APPSI yang berlangsung 26--28 Februari, dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, serta Gubernur dari 22 provinsi.

Acara itu dibuka oleh Wapres Jusuf Kalla pada Kamis malam.

(KR-JA)


Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015