Ambon (ANTARA News) - Sebanyak 34 gubernur dana tau wakilnya menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), di Ambon yang akan dibuka Wapres Jusuf Kalla, Kamis (26/2) malam.

Kabag Humas Pemprov Maluku John Hursepuny, di Ambon, Kamis, mengatakan Rakernas APPSI akan dibuka Wapres di pendopo Gubernur Maluku, di kawasan mangga Dua.

John menjelaskan dari 34 gubernur, sebanyak 20 orang telah menyatakan hadir. Sementara 14 gubernur tidak hadir dan akan diwakili wakil Gubernur, Sekretaris daerah (Sekda) maupun Asisten I Bidang pemerintahan.

Sebanyak 20 gubernur yang sudah tiba di ibu kota provinsi Maluku sejak Kamis pagi yakni Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Plt Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Gubernur Kalimantan Tengah Agustinus Teras Narang, Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Arifin, Penjabat Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi serta Gubernur Maluku Said Assagaff selaku tuan rumah.

Sedangkan Provinsi Nangroe Aceh Darusalam diwakili oleh Wagub Muzakir Manaf, Jambi diwakili Wagub Fachrori Umar, Wagub Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya, Wagub Kalimantan Timur Mukmin Faisyal, Wagub Nusa Tenggara Barat Badrul Munir dan Wagub Sulawesi Tenggara M Saleh Lasata.

Provinsi Banten diwakili oleh Sekda Kurdi Matin serta Bengkulu diwakili Plt Sekda Sumardi, sedangkan enam provinsi diwakili Asisten I Setda yakni Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Bali dan Papua.

"Seluruh Gubernur atau Sekda dan Asisten I yang mewakili provinsinya akan diinapkan pada hotel The Natsepa di Desa Suli, Pulau Ambon, sedangkan rombongan yang menyertai kunjungan Gubernur akan menempati sejumlah hotel lain di pusat kota Ambon," katanya.

John mengatakan, Wapres Jusuf Kalla bersama sejumlah Menteri akan tiba di Ambon pada Kamis petang menggunakan pesawat khusus dari Provinsi Papua dan langsung menuju Pendopo Gubernur di kawasan Mangga Dua, guna beristirahat sebelum membuka Rakernas APPSI, pada Kamis malam pukul 20.00 WIT.

"Setelah membuka Rakernas, Wapres Jusuf Kalla akan melakukan pertemuan dan jamuan makan malam bersama para Gubernur pukul 21.30 WIT, dan pada Jumat (27/1) pagi akan kembali ke Jakarta.

Rakernas APPSI dengan tema "Konsolidasi Pemerintah Daerah Menyongsong Implementasi Undang - Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah" akan dimulai Jumat (27/1) pagi di hotel The Natsepa, dipimpin Mendagri Cahyo Kumolo.

Mendagri Tjahjo Kumolo yang akan memberikan materi bertajuk "Strategi Implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah" dan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis akan membahas "Strategi Pengawasan Keuangan Daerah Dalam Rangka Implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah".

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015