ACC berhasil membiayai 210.809 unit kendaraan
Jakarta (ANTARA News) - Astra Credit Companies (ACC), grup perusahaan pembiayaan yang merupakan anak usaha PT Astra International Tbk meraup peningkatan laba bersih sebesar 9 persen pada 2014 menjadi Rp1,3 triliun.

"Secara keseluruhan kami cukup puas dengan kinerja di tahun 2014. Ini berarti kami mampu mengatasi tantangan di mana pasar otomotif turun sekitar 2 persen," kata CEO ACC Jodjana Jody melalui siaran pers yang diterima ANTARA News, di Jakarta, Minggu.

Jody mengatakan, kenaikan volume pembiayaan ACC memang tidak sebesar kenaikan unit yang dibiayai, hal tersebut karena ACC fokus mendukung segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang cukup diminati masyarakat.

Menurutnya, kenaikan laba bersih ini didukung oleh kenaikan nilai pembiayaan baru yang disalurkan sebesar 5 persen menjadi Rp27,5 triliun.

Jody menambahkan, sampai akhir 2014, ACC berhasil membiayai 210.809 unit kendaraan, meningkat 9 persen dengan total piutang pembiayaan yang dikelola mencapai Rp50,2 triliun atau meningkat 13 persen dari tahun sebelumnya.

"Pengelolaan kualitas pembiayaan juga menjadi salah satu faktor meningkatnya laba bersih ACC pada 2014, di mana ACC tetap menjaga angka Non Performing Financing (NPF) di kisaran 0,5 persen," kata Jody.

Di samping itu, lanjutnya, untuk mendukung kinerja operasional ACC tahun 2014 lalu, pengelolaan struktur pendanaan juga menjadi sangat penting.

Pada 2014, PT Astra Sedaya Finace (ASF), salah satu perusahaan pembiayaan dalam grup ACC, melakukan dua kali penerbitan obligasi dengan total obligasi senilai Rp4,45 triliun.

PT ASF memiliki peringkat tertinggi di industri dengan peringkat AAA (idn) dari Fitch Rating dan peringkat idAAA dari Pefindo. Selain itu ACC juga mendapatkan pinjaman sindikasi dan Club Deal dari bank asing.

Rencana 2015 Jody menyatakan, pada 2015, ACC akan tetap fokus pada pengelolaan kualitas pembiayaan yang baik dan peningkatan loyalitas serta retensi pelanggan melalui berbagai program dan layanan, mengingat kondisi perekonomian semester I masih menantang.


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015