Jakarta (ANTARA News) - Politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) Ahmad Farhan Hamid mempertanyakan kembalinya pengusaha Sutrisno Bachir ke dalam partai yang telah ditinggalkannya beberapa waktu silam.

"Kalau Mas Tris (Sutrisno Bachir) mau ikut bersama membesarkan partai kita terima kasih. Tapi hampir seluruh pengurus saat ini ingat pernyataan dia yang menggusarkan hati dan berbolak-balik," kata Farhan di Jakarta, Jumat malam.

Sutrisno menyatakan mendukung majunya Politisi PAN Zulkifli Hasan sebagai calon ketua umum pada Kongres IV PAN akhir bulan ini dan menyebut diri kembali "turun gunung" untuk memenangkan Zulkifli Hasan.

"Hampir seluruh pengurus saat ini juga ingat pernyataan pak Tris yang menggusarkan hati, misalnya saat dulu beliau menjanjikan gedung perkantoran yang akan dihibahkan ke PAN tapi dibatalkan," kata dia.

Mantan Wakil Ketua MPR RI periode 2009-2014 itu menilai, keluar masuk partai yang ditampilkan Sutrisno tidak mendidik kader PAN.

"Seandainya mau kembali membangun PAN itu bagus, kader senang. Banyak pengusaha yang menjadi politisi bagus, tapi kalau menggunakan pola pedagang yang hanya ambil untung itu berbahaya," kata dia.

Kongres PAN dijadwalkan berlangsung 28 Februari hingga 3 Maret 2015 di Bali. Sejauh ini ada dua calon ketua umum, yakni Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan.

Farhan sendiri memandang Hatta Rajasa masih dibutuhkan PAN untuk kepemimpinan mendatang.



Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015