... Hati-hati melintasi daerah banjir. Matikan listrik di rumah jika tergenang air...
Jakarta (ANTARA News) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan hujan masih akan mengguyur Jakarta sepanjang Senin ini, dengan intensitas rendah-tinggi sehingga menyebabkan genangan air di berbagi lokasi.

"Hujan yang turun sejak Minggu sore diperkirakan akan berlangsung hingga hari ini. Dari satelit BMKG terlihat satu sel awan-awan besar berada di barat Jakarta," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Nugroho, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, hingga pukul 06.00 WIB, Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI melaporkan ada 49 titik genangan di Jakarta, yaitu 22 titik di Jakarta Pusat, 18 di Jakarta Barat, empat di Jakarta Timur, dan dua di Jakarta Selatan.

Tinggi genangan berkisar 10-80 cm di Jalan Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat (Jakarta Pusat) masih tergenang banjir 10-50 cm. Daerah yang terendam banjir paling tinggi ada di Jalan Batu Ceper Raya dengan ketinggian air 60-80 cm.

"Titik genangan ini timbul akibat drainase perkotaan yang kurang mampu mengalirkan air permukaan ke sungai. Banyak masalah terkait drainase seperti kecilnya kapasitas, sedimentasi, tertutup sampah dan lainnya," tutur Nugroho.

Sedangkan kondisi sungai-sungai di Jakarta hingga Senin pagi masih normal. Sungai Ciliwung di Katulampa, Depok, Manggarai, masih normal (status Siaga 4). Begitu pula Kali Krukut Hulu, Pesanggrahan, Angke Hulu, Cipinang Hulu, dan Sunter Hulu masih normal.

Pada pukul 06.00 WIB tinggi muka air sungai di Katulampa 30 cm/M (siaga 4), Depok 115 cm/G (siaga 4),
Manggarai 690 cm/H (siaga 4), Karet 490 cm/H (siaga 3), Krukut Hulu 80 cm/G (siaga 4) dan Pesanggrahan 80 cm/M (siaga 4).

Kemudian, Angke Hulu 75 cm/H (siaga 4), Cipinang Hulu 90 cm/M (siaga 4), Sunter Hulu 55 cm/M (siaga 4), Pulo Gadung 550 cm/G (siaga 3), Waduk Pluit -100 cm/G dan Pasar Ikan 186 cm/G (siaga 3).

"Hujan berpotensi masih terjadi dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat dan petir dan angin kencang di wilayah Jabodetabek. Hati-hati melintasi daerah banjir. Matikan listrik di rumah jika tergenang air," kata dia.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015