Nashville, Tennessee (ANTARA News) - Nissan awal pekan ini memperkenalkan GT-R LM Nismo yang akan berlaga di balap Le Mans 24 Hours.

Siaran pers Nissan USA menyebutkan, GT-R LM Nismo merupakan karya para ahli Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

Kehadiran GT-R LM Nismo ini mengakhiri ketidakhadiran Nissan dalam balap kelas tertinggi di Le Mans yaitu LM P1. Selama ini Nissan tetap hadir di kelas lainnya.

GT-R menggunakan mesin Nissan VRX 30A Nismo V6 3 liter twin-turbo bensin yang terletak di bagian depan kendaraan.

Mesin itu, bersama baterai hybrid yang juga terletak di bawah kap depan, menyalurkan tenaga ke roda depan.  Ini yang membedakan GT-R dengan mobil lain yang biasanya menggunakan penggerak roda belakang di Le Mans LM P1.

"LM P1 adalah balap mobil sport paling ekstrem saat ini, Nissan dan Nismo tidak akan melewatkan peluang untuk berinovasi setinggi-tingginya dengan ajang ini," kata Darren Cox,Global Head of Brand, Marketing & Sales, NISMO.

Transmisinya 5 percepatan reverse sequential dengan pneumatic paddle shift dan dilengkapi hydraulic imited slip differential serta kopling empat plat karbon Tilton.

Sasisnya 880 kg sedangkan bodi dari karbon komposit dan kaca depan polikarbonat. Sayap belakang bisa menyesuaikan dengan hambatan udara.

Rem depan GT-R LM Nismo menggunakan enam piston dan sedangkan rem belakang empat kaliper.

Ban depan menggunakan Michelin 31/71-16 dan belakang 20/71-16, alias ban depan lebih besar dari belakang.
Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015