Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI dari PDIP, Junimart Girsang mengetahui sosok Sugianto Sabran yang melaporkan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.
,
"Ya, saya tahu kasus ini 2010. Kalau tidak salah pelapornya dulu adalah Sugianto dalam pemilihan Bupati Kotawaringin Barat. Sugianto ini calon bupati yang kalah waktu itu," kata Junimart di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Anggota DPR RI 2009-2014 dari Fraksi PDI Perjuangan , Sugianto Sabran, menjadi pelapor kasus keterangan palsu pada sidang sengketa Pemilihan Umum Kepala Daerah Kotawaringin Barat yang membuat Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto ditangkap polisi hari ini.

Menurut pemberitaaan, dalam pilkada Kotawaringin Barat, hasil pemungutan suara dimenangkan oleh pasangan Sugianto Sabran - Eko Sumarno.

Namun, kubu lawannya Ujang Iskandar - Bambang Purwanto menggugat kemenangan itu ke Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia.

MK mengabulkan gugatan dan membatalkan penetapan pemenang pemilukada oleh KPU. Setelah melalui beberapa proses, Menteri Dalam Negeri saat itu Gamawan Fauzi melantik pasangan Ujang Iskandar-Bambang Purwanto di kantor Kementerian Dalam Negeri 30 Desember 2011)

"Kasusnya berdasarkan Laporan Polisi : LP/67/I/ 2015/ Bareskrim tertanggal 15 Januari 2015," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Jumat.

Rikwanto mengatakan Sugianto yang melaporkan Bambang Widjojanto ke Badan Reserse Kriminal, Mabes Polri, terkait kasus kesaksian palsu pada sidang sengketa Pemilukada Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah di Mahkamah Konstitusi (MK) sekitar Juli 2010.

"Terlapor diduga memberikan keterangan palsu di bawah sumpah," ujar Rikwanto.

Berdasarkan penelusuran, pelapor Sugianto Sabran tercatat anggota Komisi III DPR RI dari PDIP periode 2009-2014 dari Daerah Pemilihan Kalimantan Tengah.

Laporan Sugianto ke polisi ini mencuri perhatian publik setelah Bareskrim Mabes Polri menangkapmbawa Bambang Widjojanto usai mengantarkan anaknya bersekolah di Depok, Jawa Barat, Jumat pagi ini.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015