Pekanbaru (ANTARA News) - Hatta Rajasa mendapat dukungan dari 129 pengurus PAN se-Sumatera untuk mempertahankan kursi ketua umum partai berlambang matahari itu untuk periode 2015-2020.

Dukungan itu terungkap dalam Deklarasi Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Wilayah Sumatera di Kota Pekanbaru, Sabtu malam (17/1).

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPP PAN Ahmad Farhan Hamid, Bendahara Umum PAN Jon Erizal dan beberapa legislator di DPR-RI, diantaranya Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy, Ketua Komisi VIII Saleh Daulay, Ketua Komisi VI Hafiz Thohir dan Dewi Coryati.

Hatta juga hadir dalam deklarasi itu menggunakan baju batik warna biru.

"Pak Hatta kalau di sepakbola ibarat Messi dan Gerrald, ketika bermain bagus tidak usah diganti. Jadi, karena Pak Hatta sekarang sedang bagus-bagusnya lebih baik lanjut terus," kata Tjatur Sapto Edy.

Tjatur Sapto mengatakan PAN masih membutuhkan sosok Hatta yang visioner, berintegritas dan populer untuk menghadapi sistem pemilu ke depan yang menyatukan pemilihan presiden dan legislatif.

"Kita butuh lokomotif partai yang otentik dan populer di tengah masyarakat," katanya.

Dukungan serupa juga diucapkan oleh pengurus PAN daerah, yang menilai selama lima tahun terakhir kepemimpinan Hatta Rajasa membuat PAN maju pesat di banyak daerah di Tanah Air.

"Saya yakin lima tahun k edepan bersama Hatta Rajasa PAN akan makin cemerlang, gemilang dan terbilang," kata Ketua DPD PAN Riau, Herliyan Saleh, dalam pidato sambutannya selaku tuan rumah.

Herliyan memanggil satu per satu pengurus DPD yang mendukung Hatta. Totalnya, Hatta mendapat dukungan dari 119 DPD kabupaten/kota dan 10 DPW PAN se-Sumatera. Jumlah itu mencapai sekitar 80 persen dari 179 pemilih hak suara di Sumatera.

Pendukung Hatta yang hadir mulai dari pengurus di Provinsi Bengkulu, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Sumatera Utara, Aceh, Kepulauan Riau, dan Riau. Bahkan, ia mengatakan dalam deklarasi itu juga hadir Ketua DPD PAN Papua dan Nusa Tenggara Barat.

Hanya pengurus PAN dari Provinsi Lampung yang tidak hadir dalam deklarasi itu.

"Kita siap memenangkan saudara kita Hatta Rajasa," kata Herliyan.

Sebanyak 600 suara akan diperebutkan untuk menjadi ketua umum pada kongres mendatang. Kongres PAN dijadwalkan berlangsung di Bali, Februari 2015.

Sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai, peserta kongres yang memiliki hak suara adalah ketua dan sekretaris DPW dan ketua DPD kabupaten/kota.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015