Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq menilai dukungan Parlemen Eropa terhadap Palestina semakin membuktikan bahwa Israel dan AS tidak lagi memiliki pengaruh.

"Jadi pergeseran negara-negara Eropa yang mendukung Palestina, menunjukkan semakin menurunnya pengaruh Israel dan Amerika Serikat di Eropa," kata Mahfudz Siddiq di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Ia menilai, menurunnya dukungan Eropa kepada Israel dan Amerika Serikat itu karena tindakan Israel kepada Palestina selama ini.

"Pengaruh dan dukungan menurun itu karena tindakan rezim Israel. Jadi negara-negara Eropa memandang Israel tidak berpengaruh lagi. Ini sikap maju negara-negara Eropa dan ini mendorong negara Muslim termasuk Indonesia untuk lebih berperan aktif," ungkap Mahfudz.

Ia juga meyakini, dukungan dari parlemen Eropa dan negara-negara lain terhadap Palestina akan membuat PBB untuk mengakui atau menyetujui rancangan resolusi PBB yang diusulkan Palestina yang menyerukan penarikan Israel dari wilayah yang diduduki paling lambat pada 2017 bisa terwujud.

"Kalau negara Eropa dan negara lain mendukung, maka PBB akan mengakui Palestina," kata Mahfudz.

Parlemen Eropa pada Rabu mensahkan resolusi yang "pada prinsipnya mendukung pengakuan bagi Negara Palestina dan penyelesaian dua-negara serta percaya ini mesti berjalan berdampingan.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014